Mohon tunggu...
Dian Kelana
Dian Kelana Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengelana kehilangan arah

www.diankelana.web.id | www.diankelanaphotography.com | www.diankelana.id

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bagaimana Mengurus Pindah Sekolah Antar-Provinsi?

4 Mei 2019   07:32 Diperbarui: 7 Juli 2021   22:07 6423
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengurus Pindah Sekolah Antar-Provinsi (Dokpri)

Saya ingin berbagi pengalaman disini, mudah-mudahan saja bermanfaat. 

Ini pengalaman saya tahun 2016 lalu, mengurus kepindahan sekolah anak saya Rizqy dari SD Tomang 03 Pagi ke SD Larangan Utara 8, Tangerang. Karena rumah yang kami tempati di Tomang mau di Renovasi oleh pemiliknya, maka kami harus mencari rumah pengganti dimana nanti kami akan tinggal. 

Jakarta tidak menjadi pilihan kami, karena harga yang tidak terjangkau oleh kemampuan finansial kami. Kalau dipaksakan, maka modal kami akan terkuras hanya untuk rumah, sementara modal untuk usaha semakin menipis.

Baca juga :Pindah Sekolah dari SMA Negeri ke SMA Islam Terpadu Swasta

Setelah mencari kesana kemari, akhirnya salah seorang saudara istri saya menawarkan rumah di sekitar Ciledug, Tangerang. Kami setuju dengan rumah yang ditawarkan itu, dan kamipun pindah kesana. Urusan selanjutnya adalah memindahkan sekolah Rizqy ke tempat yang baru. 

Setelah mencari, kami menemukan sekolah dasar di Larangan Utara, yaitu Sekolah Dasar Larangan Utara 8. Pihak sekolah menawarkan kepada kami, apakah akan mengurus sendiri atau mau dibantu dalam pengurusannya. Kalau mau dibantu dia menyebutkan sejumlah angka tertentu sebagai biayanya.

Baca juga : Ratapan Anak Pindah Sekolah, Sebuah Pandangan Grafologi

Mengambil pengalaman dari saat saya mengurus sendiri peningkatan status rumah kami yang masih serifikat HGB untuk ditingkatkan menjadi Sertifikat Hak Milik, maka saya mengatakan bahwa saya akan mengurus sendiri perpindahan Rizqy. Pihak sekolahpun menyetujuinya dan memberikan bahan yang kami butuhkan dan alamat yang harus kami tuju.

Mengurus perpindahan dari Jakarta, saya lebih dulu mengambil berkas dari sekolah yang akan kami tinggalkan. Setelah lengkap saya disuruh ke dinas tingkat kecamatan yang berkantor di kantor Camat Grogol Petamburan, yang berada di Tanjung Duren. 

Selesai di Tanjung Duren, saya dibekali satu berkas surat pindah yang harus saya urus ke dinas Pendidikan Dasar di kantor Walikota Jakarta Barat. Disana berkas harus saya tinggalkan, karena banyaknya berkas pindah sekolah yang harus dikerjakan oleh petugas, saya disuruh datang esok harinya.

Baca juga : Pindah Sekolah Susah? Nggak Juga Tuh...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun