Mohon tunggu...
Dian Islamiati
Dian Islamiati Mohon Tunggu... keraguan menghentikan lebih banyak mimpi daripada kegagalan itu sendiri

belajar, belajar dan terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Mahasiswa KKN UNS Membuat Lumbung Pangan Di Masa Sulit Dampak Dari Virus Covid-19

21 Juli 2020   12:46 Diperbarui: 25 Juli 2020   16:24 285 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNS Membuat Lumbung Pangan Di Masa Sulit Dampak Dari Virus Covid-19
Penanaman Bibit Sayuran

KARANGANYAR - KKN UNS tahun ini tampak berbeda dengan KKN tahun sebelumnya karena bersamaan dengan keadaan yang terjadi saat ini yakni adanya pandemi covid-19. Mahasiswa menjalankan program kegiatan KKN UNS sesuai dengan tema yang diberikan yang berkaitan dengan Covid-19 yang dilaksanakan di daerah tempat tinggal mahasiswa. Dian islamiati (B0517013) adalah salah satu mahasiswa yang mengikuti KKN UNS COVID-19 batch 3 tahun 2020 dengan dibantu dosen pembimbing lapangan Bapak Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo , SS.,M.Hum. 

Perlu kita ketahui penyebaran Virus Corona makin tak terbendung lagi di Indonesia, kita perlu waspada!!! Virus Corona mengancam semua sektor kehidupan mulai dari kesehatan, perekonomian, dan pariwisata. Merebaknya virus corona menjadi perhatian global, virus ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan bahkan virus corona juga mengancam perekonomian indonesia.  

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) menyampaikan dampak pandemi virus corona  dapat menyebabkan krisis pangan dunia. Oleh karena itu, peringatan tersebut perlu direspon untuk memastikan ketersediaan pangan. Salah satu penopang penting dalam perekonomian adalah pangan. Pangan adalah kebutuhan dasar yang tidak bisa ditunda.

Mahasiswa KKN UNS mengambil tema ketahanan pangan dengan program kerja pembuatan lumbung pangan di Dusun Jamprit RT01/RW05, Sringin, Jumantono. Lumbung pangan sebagai salah satu pijakan dalam rangka memperkokoh ketahanan pangan warga Dusun Jamprit sekaligus menjadi solusi dalam permasalahan pangan dan ekonomi terdampak virus corona.

Dalam hal ini warga Dusun Jamprit sangat antusias mengikuti program mahasiswa KKN UNS yang diberikan yaitu pembuatan lumbung pangan. Masyarakat terlebih dahulu diberikan arahan apa saja media tanam yang digunakan, bagaimana proses penyemaian bibit tanaman, bagaimana proses penanaman dan bagaimana proses perawatan yang baik dan benar.

Hasil Bibit Lumbung Pangan
Hasil Bibit Lumbung Pangan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x