Mohon tunggu...
Diana AndriN
Diana AndriN Mohon Tunggu... DIANA

diana

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pembagian Masker secara Gratis dan Penyemprotan Dinsifektan

4 September 2020   20:23 Diperbarui: 4 September 2020   20:39 6 2 0 Mohon Tunggu...

Diana Andri NURLAILA 

Penyebaran virus corona atau COVID-19 yang belum kunjung reda membuat masyarakat semakin waspada. Masyarakat pun melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan virus asal Tiongkok tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan disinfektan di rumah. Yang jadi pertanyaan, perlukah tindakan tersebut untuk pencegahan virus corona?

Ketua umum PP Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) dan Komite Ahli PMKL Kemenkes RI, Prof Arif Sumantri, SKM M.Kes mengatakan masyarakat perlu paham dulu apa yang dimaksud dengan disinfektan ini.

"Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati. Ini yang membedakan disinfeksi dengan antiseptik. Kalau antiseptik, membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan hidup

Pandemi virus corona tidak menghalangi bagi kegiatan pendidikan,penelitian,dan pengamdian kepada masyarakat di kampus UNISRI. Bila kegiatan pendidikan dan pengajaran dilakukan secara daring atau virtual,begitu pun dengan kegiatan kuliah kerja nyata. Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengharuskan mahasiswa berbaur dengan warga,namun di masa pandemi ini mereka diharuskan melaksanakan kegiatan secara online. Namun,sesekali mereka turun langsung ke warga dengan membagikan bantuan berupa masker hingga alat kesehatan lainnya.

Diana Andri N merupakan mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) yang sedang mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) Covid-19. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNISRI tersebut melakukan upaya edukasi Covid-19 di purwodadi grobogan . Selain dalam rangka KKn Covid-19,hal ini ia lakukan untuk turut membantu tetangga atau warga di lingkungan tempat tinggalnya.

Salah satu program kerjanya adalah memberikan edukasi pentingnya menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah serta membuat dan membagikan masker kain gratis kepada warga grobogan memilih membagikan masker karena melihat situasi di lapangan banyak warga yang keluar rumah tidak menggunakan masker.

Dalam KKn Covid-19 tidak hanya membagikan masker gratis, melainkan juga memberikan edukasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar dan penyemprotan densifektan . Bukan tanpa alasan, anak-anak dilingkungan tersebut masih bermain di luar rumah tanpa memperhatikan kebersihan dan menggunakan masker. Bahkan orang tua mereka belum paham apabila anak-anak juga dapat beresiko tertular Covid-19. Meskipun kelompok rentan Covid-19 adalah orang lanjut usia (lansia),anak-anak lebih sulit menerapkan protokol kesetahan tanpa melindungi diri dari Covid-19 dan tetap beresiko terdampak Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x