Mohon tunggu...
Diah Kusumastuti
Diah Kusumastuti Mohon Tunggu... Administrasi - Mom blogger

Mom blogger with 5 kids. Aktif menulis di www.dekamuslim.com.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Sekelumit Cerita Emak Bloger di Hari Bloger Nasional

27 Oktober 2023   12:00 Diperbarui: 27 Oktober 2023   13:07 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selamat Hari Bloger Nasional 2023 (sumber: pixabay.com)

Karena ramai kawan-kawan bloger menulis tentang bloger, blogging, dan Hari Bloger Nasional di hari ini, saya pun ingin berbagi sekelumit cerita. 

Ya, hari ini tanggal 27 Oktober 2023, adalah Hari Bloger Nasional, tepatnya yang ke-16. FYI, Hari Bloger Nasional ditetapkan pada tanggal 27 Oktober 2007 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI saat itu, Muhammad Nuh. Penetapannya berbarengan dengan event Pesta Blogger di Jakarta.

Saya sendiri mulai menulis di blog sejak tahun 2012, karena di bulan Oktober 2012 itulah saya pertama kali memiliki blog pribadi. Sejak saat itu saya pun lumayan rajin menulis di blog dan kemudian mengaku sebagai bloger. Hehe.

Tahun 2012 saya baru mempunyai satu anak, dan sekarang anak saya sudah ada lima. Haha. Gimana, apa ada bedanya ngeblog saat masih punya anak satu dengan sudah ada lima anak? Si sulung saya saat ini usianya 13 tahun. Artinya, ya, masih kecil-kecil keempat adiknya.

Dulu, di awal-awal ngeblog saya merasa waktu ngeblog saya terbatas karena masih punya anak kecil. Rasanya waktu habis tersita untuk menemani anak bermain dan mengurus segala keperluannya. Saya hanya bisa menulis di malam hari, saat di tidur nyenyak.


Saat punya dua anak, rasanya waktu ngeblog juga semakin terbatas. Mengurus dua anak kecil tentunya lebih riweuh daripada mengurus satu anak. Begitulah kira-kira. 

Begitupun yang saya rasakan ketika punya tiga anak. Yah, semakin merasa sedikit saja waktu untuk ngeblog. Apalagi partner saya (suami) juga punya kesibukan (kerja) yang enggak mudah "diganggu" dengan saya titipi anak-anak selagi saya ngeblog.

Tapi saat saya mempunyai anak keempat dan kelima, saya menyadari bahwa sebenarnya bukan masalah waktu yang mempengaruhi rajin (produktif) atau tidaknya saya ngeblog. Nyatanya, saat saya punya satu anak atau lima anak, kondisinya seringkali sama. Kadang blog saya kosong melompong dalam beberapa minggu, atau kadang dalam dua tiga hari posting tulisan berturut-turut.

Jadi bagaimana?

Produktif atau tidaknya seorang emak bloger menurut saya bukan masalah punya anak berapa, tapi bagaimana dia bisa mengatur waktunya buat ngeblog.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun