Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

esai

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Momen Penting di Hari Pendidikan Nasional untuk Mengevaluasi Kualitas Pendidikan

2 Mei 2024   07:32 Diperbarui: 2 Mei 2024   07:33 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


Oleh: Eko Windarto

Tak hanya itu, Hari Pendidikan Nasional juga bisa menjadi momen penting bagi pemerintah dan lembaga pendidikan untuk mengevaluasi kualitas pendidikan di Indonesia. Pada momen ini, bisa mengadakan diskusi atau forum untuk membahas berbagai tantangan dan permasalahan dalam dunia pendidikan dan mencari solusi bersama.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren pembelajaran yang semakin modern, dunia pendidikan harus bisa beradaptasi dan menghadirkan inovasi-inovasi baru agar bisa lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu inovasi yang saat ini sedang berkembang adalah e-learning atau pembelajaran online.

Pembelajaran online menjadi solusi yang tepat dalam masa pandemi Covid-19 yang memaksa para guru dan siswa untuk belajar dari rumah. E-learning memungkinkan para siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan media online. Seiring dengan pemanfaatan teknologi digital, materi-materi pembelajaran bisa disajikan dengan lebih interaktif dan menarik, sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.

Selain itu, berbagai lembaga pendidikan juga harus berperan aktif dalam mempersiapkan tenaga pendidik yang berkualitas. Pendidik harus memiliki kemampuan menguasai teknologi dan terus mengembangkan diri agar tidak ketinggalan zaman. Selain itu, para tenaga pendidik juga harus memiliki kemampuan untuk menghadirkan metode pengajaran yang menarik dan inovatif agar bisa meningkatkan minat belajar siswa.

Peran orang tua juga sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak. Orang tua harus mendukung dan mengapresiasi anak-anak dalam belajar dan meraih prestasi. Mereka harus memberikan motivasi dan dukungan yang positif agar anak-anak memiliki semangat untuk belajar.


Tidak hanya keluarga dan lembaga pendidikan, masyarakat juga harus terlibat untuk menjamin kesuksesan dunia pendidikan di Indonesia. Masyarakat harus mendukung dan memfasilitasi pengembangan lembaga pendidikan dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan pendidikan seperti mengajar di sekolah atau memberikan bantuan dana bagi siswa yang membutuhkan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, tak hanya pada suatu hari tertentu saja, namun setiap saat perlu dilakukan berbagai upaya yang bersifat berkelanjutan. Hal ini dimulai dari pemerintah dengan memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai bagi lembaga pendidikan, hingga keluarga dan masyarakat yang terus memberikan dukungan positif kepada anak-anak dan lembaga pendidikan. Hanya dengan kepedulian dan komitmen bersama, maka pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan dan menciptakan generasi muda yang cerdas dan berprestasi.

Solusi Mengatasi Permasalahan dalam Dunia Pendidikan

Meningkatkan kualitas pendidikan melalui program pendidikan yang inovatif dan kreatif. Pendidikan yang menjurus pada pengajaran rutin dan membosankan akan membuat siswa kehilangan minat untuk belajar. Oleh karena itu, program pendidikan yang inovatif dan kreatif harus diimplementasikan untuk menarik minat siswa.

Melibatkan orang tua dalam proses belajar mengajar. Orang tua memainkan peran yang sangat vital dalam membentuk karakter anak-anak. Dengan melibatkan orang tua dalam proses belajar mengajar, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan meraih prestasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun