Mohon tunggu...
Dhimas Andianto
Dhimas Andianto Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

A Fatboy who is a Wheel-to-Wheel Argy Bargy Enthusiast and a Food Preacher. Soon to be a Mechanical Engineer ?

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

"Halo", Si Buruk Rupa Penyelamat Nyawa

27 Agustus 2018   14:45 Diperbarui: 27 Agustus 2018   15:16 530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Insiden yang menimpa Charles Leclerc (Mobil putih) dan Fernando Alonso (Mobil oranye) saat GP Belgia 2018 (Sumber: planetf1.com)

Kematian Jules Bianchi pada tahun 2015 akibat kecelakaan yang menimpanya saat GP Suzuka 2014 menjadi pukulan besar untuk penyelenggara Formula 1. Bagaimana tidak? Sejak tragedi GP Imola 1994 yang merenggut 2 nyawa pebalap yakni Ayrton Senna dan Roland Ratzenberger belum pernah ada lagi insiden fatal di olahraga jet darat tersebut sampai insiden yang menimpa Jules terjadi.

Jules Bianchi mengalami luka berat pada kepalanya akibat benturan dengan traktor yang ada di pinggir sirkuit. Saat itu traktor sedang mengangkut salah satu mobil kompetitor, yakni Adrian Sutil dari tim Sauber, yang menabrak tembok dan terjebak di area gravel. Pada saat itu pula Jules kehilangan kontrol di titik yang sama dengan Adrian sehingga mobilnya meluncur keluar trek dan menabrak traktor. Jules tak sadarkan diri hingga akhir hayatnya 10 bulan kemudian pada 17 Juli 2015. Kematiannya merupakan insiden fatal pertama di ajang F1 sejak Ayrton Senna meninggal di Sirkuit Imola pada tahun 1994.

Sejak peristiwa itu penyelenggara terus memperbarui regulasi terkait keamanan tiap musimnya. Berbagai perubahan-perubahan fundamental untuk mengamankan nyawa tiap pebalap telah dilakukan.

Uji coba perangkat Aeroscreen di tahun 2016 (Sumber: motorsport.com)
Uji coba perangkat Aeroscreen di tahun 2016 (Sumber: motorsport.com)
Manajemen F1 langsung berbenah dan merancang berbagai perangkat keselamatan yang dapat melindungi area kabin pengemudi, khususnya kepala pebalap yang hanya dilindungi oleh Helm.

Berbagai ide seperti Aeroscreen dan Halo dipertimbangkan oleh manajemen F1 dan diuji prototipe-nya saat sesi latihan di beberapa seri balap F1.

Setelah serangkaian tes dan pengembangan akhirnya pada pertengahan musim 2017 pilihan jatuh pada Halo untuk langsung diterapkan pada musim 2018 ajang balap Formula 1 dan Formula 2.

Kendati begitu, kemunculan Halo menimbulkan pro dan kontra. Tidak hanya dari sisi para penggemar, namun juga para pilot jet darat itu sendiri.

Max Verstappen, Nico Hulkenberg, dan Kevin Magnussen pada awalnya menentang wacana tersebut dan alasan ketiganya pun serupa.

Selain membuat penampilan mobil F1 terlihat buruk, beban tambahan yang ditimbulkan juga memiliki efek besar pada performa mobil.

Desain Halo pun menurut mereka tidak memberi jaminan pasti untuk melindungi pebalap dari serpihan kecil karena ruang terbuka yang tersisa masih cukup lebar.

Namun di sisi lain pebalap senior seperti Sebastian Vettel dan Fernando Alonso sangat mendukung rencana ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun