Mohon tunggu...
Dhea DeliaSandi
Dhea DeliaSandi Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Pembelajar setiap waktu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Tidak Membatasi Pengabdian Mahasiswa Uhamka di Cipayung, Jakarta Timur

4 Maret 2021   11:10 Diperbarui: 4 Maret 2021   11:21 63 1 0 Mohon Tunggu...

Adanya pandemi virus Corona tak menghalangi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) khususnya Program Studi Pendidikan Matematika mengadakan KKN Tematik. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2021 s.d. 03 Maret 2021. KKN Tematik itu sendiri adalah kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat di lingkungan sekitar disaat pandemi Covid-19. Tujuan KKN Tematik yang kami lakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkan rasa empati mahasiswa selama pandemi Covid-19.

Kegiatan KKN Tematik ini dilakukan di daerah Cipayung, Jakarta Timur. Kami yang beranggotakan 4 orang, yaitu Ivan Mujiman Syah, Miftahul Jannah Anri, Nurul Ramadhani Dwiwandira, dan Wardah Saniyah dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) adalah Bapak Supiat M.Pd.

Kegiatan yang kami lakukan selama KKN Tematik ini ada beberapa pendampingan, yaitu pendampingan ibadah, pendampingan mengajar, dan pendampingan kreativitas anak. Pendampingan ibadah ialah dengan mendampingi anak-anak membaca iqra' dan Al-Qur'an di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an). 

Pendampingan mengajar yang kami lakukan ialah mendampingi anak-anak di lingkungan sekitar belajar materi sekolah. Pendampingan kreativitas anak yang kami lakukan bersama anak-anak di lingkungan sekitar adalah membuat handsanitizer alami, konektor dan gelang dari tali kur, dan bunga dari sedotan plastik.

Kegitan lain yang kami lakukan selama 15 hari ini berupa berkolaborasi dengan lembaga dan lingkungan sekitar yaitu posyandu balita dan lansia, jumantik, kerja bakti, dan olahraga bersama. Sedangkan kegiatan literasi dan numerasi yang kami lakukan bersama anak-anak berupa game edukasi, mewarnai serta menonton video edukasi. Kegiatan terakhir yang kami lakukan selama KKN Tematik ini adalah penyuluhan tentang adaptasi kebiasaan baru pada pandemi Covid-19 dengan cara membuat video cuci tangan bersama anak-anak di lingkungan sekitar danpembuatan serta pembagian handsanitizer alami ke warga sekitar.

Hari terakhir yang kami lakukan selama kegiatan KKN Tematik ini adalah makan bersama anak-anak di lingkungan sekitar dan membuat kreasi tangan dengan cat air. Semua kegiatan selesai, di hari terakhir dengan anak-anak memberikan kesan dan pesan kepada kami serta sebuah hadiah yang mereka buat.

VIDEO PILIHAN