Mohon tunggu...
Dhany Wahab
Dhany Wahab Mohon Tunggu... Peminat Komunikasi dan Sosial; Pegiat Pemilu; Tinggal di Bekasi.

Setiap insan akan pergi tapi tulisan 'kan abadi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Orang Baik di Bulan Berkah

22 Mei 2020   09:00 Diperbarui: 23 Mei 2020   14:04 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang Baik di Bulan Berkah
Panrita.News

Perjalanan ramadan tanpa terasa mendekat di penghujung bulan. Banyak pengalaman yang bakal menjadi kenangan dan hikmah pelajaran. Ramadan di kala pandemi memberi arti tersendiri, hampir setiap hari bisa berkumpul bersama anak dan istri. Sahur bersama, buka bersama dan terawih berjama’ah di rumah.

Berbeda dengan ramadan tahun lalu yang tenggelam dalam kesibukan pekerjaan. Sungguh beruntung tahun ini masih bisa dipertemukan dengan bulan penuh berkah. Menjalani ibadah sembari memohon perlindungan dari ancaman wabah. Entah, masihkah ada kesempatan bertemu kembali dengan bulan ampunan tahun depan?

Saya ingin berbagi pengalaman sekaligus memberi kesaksian tentang orang-orang baik yang dipertemukan di bulan penuh kebaikan. Bukan untuk pamrih atau pencitraan tapi ini adalah sebuah penghargaan dan ucapan terima kasih dari lubuk hati yang terdalam. Selayaknya Allah SWT mempergilirkan siang dan malam, dalam kehidupan kita bertemu orang-orang baik silih berganti.

Orang baik yang ingin saya tuliskan namanya disini tentunya berdasarkan subyektivitas dari kacamata saya pribadi. Mereka yang telah dengan spontan menyambut uluran tangan penuh keikhlasan dalam perniagaan. Orang-orang yang tentunya jarang berinteraksi dan berkomunikasi denganku karena bukan dalam satu barisan organisasi atau pekerjaan.

Sungguh saya merasa tertolong dengan orang-orang baik ini yang telah menjadi penghantar rezeki di masa sulit seperti ini. Ketika banyak orang yang kehilangan pekerjaan, tidak sedikit yang susah menacari penghasilan. Namun, Allah masih sediakan orang-orang baik yang berkenan menerima tawaran di bulan penuh keberkahan.

Seorang sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, yang bagaimanakah orang yang baik itu?" Nabi Saw menjawab, "Yang panjang usianya dan baik amal perbuatannya." Dia bertanya lagi, "Dan yang bagaimana orang yang paling buruk (jahat)?" Nabi Saw menjawab, "Adalah orang yang panjang usianya dan jelek amal perbuatannya." (HR. Ath-Thabrani dan Abu Na'im).

Kebaikan memang butuh perjuangan serta sering bertentangan dengan hawa nafsu dan keinginan kita. Berbuat baik memang harus mengalahkan sifat ananiyyah atau ego kita. Karena perbuatan baik itu juga balasannya sangat baik dan besar di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Saya mendoakan semoga orang-orang baik ini selalu diberi kesehatan dan keberkahan.

Cerita bermula dari obrolan ringan bersama istri tercinta tentang bagaimana cara memperoleh penghasilan tambahan ketika harus menjalani ‘karantina’ kala pendemi. Sementara banyak orang menawarkan barang dagangan melalui medsos dan aplikasi pertemanan. Setiap detik berseliweran aneka produk yang ditawarkan, mulai dari makanan, pakaian dan aneka kebutuhan sehari-hari.

Istriku bilang kenapa kita nggak coba seperti yang dilakukan oleh orang-orang? Berjualan lewat medsos kan lebih gampang, kalau ada yang berminat kita tinggal antarkan. Tapi apa yang mesti diperdagangkan, sementara duit buat modal saja kita belum terbayangkan. Seketika Allah SWT mendengar doa dan keinginan kami hingga suatu hari saya mendapat kiriman pesan dari seorang teman.

Nih...ada kain barangkali mau jualan kan lumayan buat lebaran,” begitu bunyinya. Wah kebetulan nih mah ada tawaran tanpa kita harus siapin modal di awal. Singkat cerita istriku mulai beriklan dan jualan, pasang status di medsos lebih mudah dan gratisan. Alhamdulillah pesanan mulai berdatangan, mulai dari yang satuan hingga kodian.

Sepertinya Allah SWT telah memberi jalan kemudahan bagi kami yang mempunyai kemauan untuk mengais rezeki yang halal dan thoyiban. Allah SWT berfirman, artinya: “Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridloan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al Ankabut: 69).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN