Mohon tunggu...
Breck Javic
Breck Javic Mohon Tunggu...

Pengamat Ide

Selanjutnya

Tutup

Kotak Suara

Inilah Profil Anak Muda Bakal Calon Wakil Gubernur Sul-Sel (I)

5 Oktober 2017   15:09 Diperbarui: 5 Oktober 2017   17:05 0 1 1 Mohon Tunggu...
Inilah Profil Anak Muda Bakal Calon Wakil Gubernur Sul-Sel (I)
Andi Sudirman Sulaiman

Nama sosok pemuda  Andi Sudirman Sulaiman santer terdengar berpasangan dengan sang Professor Nurdin Abdullah pada perhelatan Pilgub Sulsel 2018 mendatang.   Banyak orang dan media yang salah menuliskan data pribadi dan profil Andi Sudirman Sulaiman, ST yang saat ini menjadi bakal calon wakil gubernur Sulawesi Selatan.

Andi Sudirman Sulaiman, ST  

Etos Kerja Keras Seorang Profesional Muda

Belajar Mandiri Sejak Kecil

Tempaan masa kecil merupakan satu tahapan hidup yang paling menentukan ke arah mana sebuah pribadi membentuk dirinya kelak. Di masa-masa ini, seorang anak mulai belajar merambah semua kemungkinan potensi karakter yang bakal menjadi bagian tak terpisahkan dari kepribadiannya kelak ketika dewasa. Demikian pula yang dialami Andi Sudirman Sulaiman. 

Lahir di dusun kecil di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 25 September 1983, Andi kecil merupakan anak kesebelas dari duabelas saudara yang berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahnya adalah seorang anggota TNI sekaligus seorang petani. Sedang ibunya dalam keseharian menjadi ibu rumah tangga. 

Sejak dini dalam lingkungan keluarga yang sangat sederhana dan tinggal di kampung kecil, Andi Sudirman mulai belajar bagaimana hidup sederhana. Nilai-nilai kesederhanaan inilah yang banyak membentuk karakternya ketika menjejak masa remaja. Di samping kesederhanaan, Andi kecil mulai memahami cara hidup mandiri.

" Tradisi dalam keluarga memang senantiasa menekankan kemandirian tersebut. Tidak mengherankan dalam sosok Andi Sudirman, karakter kemandirian ini demikian tertanam kuat".

Memasuki Sekolah Dasar (SD) Inpres Mappesangka, Kabupaten Bone Sulsel, di tahun 1989, Andi kecil menjejak dunia kreativitas seorang anak. Di masa ini, semua potensi kreativitas serta jiwa kepemimpinannya mulai menemukan saluran untuk bertumbuh. Di sekolah dasar, Andi kecil sering tampil dalam kegiatan perlombaan baca puisi. 

Tidak seperti anak seusianya yang pada umumnya tidak percaya diri (minder), Andi kecil justru telah menemukan rasa kepercayaan diri yang kuat. Begitupula dengan jiwa kepemimpinan yang mulai terlihat mekar saat dia sering dipercaya menjadi inspektur upacara di sekolahnya. Di masa ini pula, Andi banyak menemukan ruang-ruang makna hidup dengan segala dimensinya. 

Kesabaran, kejujuran, jiwa toleransi, kesetiakawanan serta kepedulian terhadap sesama merupakan embrio yang kemudian membentuk karakternya hingga kini. Dalam sifat kesabaran ini, Andi banyak memperoleh pembelajaran dari sosok ibunya. Kesabaran merupakan 'akar' kehidupan yang menurut ibunya mampu membuat kita utuh dalam kemanusiaan sekaligus 'guyub' dalam rasa keimanan kepada Allah SWT. Dalam nilai-nilai kesabaran ini termuat demikian banyak potensi nilai hidup yang bisa lahir darinya seperti, rasa syukur, rendah hati, tidak ambisius namun pantang menyerah menghadapi segala tantangan dan hambatan hidup. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x