Mohon tunggu...
Dewi Yulina Nur Soleha
Dewi Yulina Nur Soleha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hallo

Sedang belajar dalam membuat berita.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa UPI Ikut Berkontribusi Dalam Mengembangkan Literasi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan KKN Tematik UPI 2021

4 September 2021   14:35 Diperbarui: 4 September 2021   14:34 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia mengalami penurunan dalam perolehan skor tes PISA (Programme for International Student Asessment) dari data yang diperoleh pada akhir tahun 2019 di lansir dari LIPUTAN6.Com. Perolehan skor membaca Indonesia berada  di perikat ke 72 dari 77 negara, kemudian untuk skor sains Indonesia berada di peringkat ke 70 dari 78 negara dan skor matematika Indonesia berada di peringkat ke 72 dari 78 negara. Dengan ini, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ikut berkontribusi dalam menanggulangi rendahnya perolehan skor tes PISA Indonesia, melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Literasi dan Rekognisi Program MBKM – Pusat Prestasi Nasional.

Melalui kegiatan KKN mahasiswa UPI ikut berkontribusi dalam mengembangkan literasi di salah satu Taman Kanak-kanak (TK) Negeri di Bogor melalui permainan “FUN GAMES”. Pengenalan literasi seperti membaca, menulis dan menghitung pada usia dini diharapkan dapat melatih anak dalam mengenal dan menambah pemahaman anak terhadap literasi sehingga diharapkan anak akan siap ketika memasukin dunia Sekolah Dasar (SD). Melalui permainan yang disisipkan diakhir pembelajaran via vidio conference yang ditujukan untuk siswa TK A dan TK B menunjukan respon yang positif. Seluruh siswa dari kedua tingkatan menyambut dengan antusias. Antusiasme para siswa dalam menjawa pertanyaan memperlihatkan bahwa siswa telah mengenal dan memahami materi yang sudah diberikan oleh guru. Tema permainan “FUN GAMES” menyesuaikan dengan materi yang telah diajarkan oleh guru seperti tema jenis-jenis rumah, peralatan sekolah, macam-macam hewan dan tumbuhan serta tema lainnya.

Penggunaan  metode permainan “FUN GAMES” memberikan dampak yang positif dalam pengenalan Literasi pada anak usia dini. Adapun manfaat dari kegiatan ini yaitu anak menjadi lebih interaktif dalam menanggapi materi yang diberikan tentunya dikemas dengan permainan yang menyenangkan untuk anak. Penggunaan permainan “FUN GAMES” pada anak usia dini mengajarkan anak untuk dapat memberikan pendapatnya dan tidak malu dalam bertanya.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun