Mohon tunggu...
Dewi Nuryanti
Dewi Nuryanti Mohon Tunggu... Freelancer - Emak blogger

Emak blogger yang hobi traveling, makan dan belanja

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kebiasaan Baru Digital yang Muncul Selama Pandemi Covid-19

31 Agustus 2021   05:46 Diperbarui: 31 Agustus 2021   06:02 267 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kebiasaan Baru Digital yang Muncul Selama Pandemi Covid-19
Bekerja dari rumah secara daring (doc.pri)

Sudah hampir dua tahun kita "berperang" melawan virus corona. Suka atau tidak suka, kita harus menyesuaikan diri dengan kondisi yang menjadi serba terbatas ini. Banyak hal yang terpaksa harus disesuaikan demi mencegah makin meluasnya penyebaran virus corona. Pandemi Covid19 mengubah tatanan kehidupan dan memaksa kita untuk bisa beradaptasi dengan semua perubahan itu.

Saat ini, kita dapat beraktivitas seperti biasa tapi dengan penyesuaian-penyesuaian. Seperti menerapkan kebiasaan disiplin protokol kesehatan dan membiasakan diri untuk dapat melakukan aktivitas dari rumah. Hampir semua orang terdampak akibat pandemi Covid 19 ini. Anak-anak usia sekolah "dipaksa" untuk menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Belajar secara daring dari rumah bukanlah hal yang mudah bagi siswa, guru dan orang tua. Namun harus dilakukan demi keamanan dan keselamatan bersama. Karena "stay at home" (bertahan diri di rumah) merupakan pilihan terbaik untuk mengendalikan laju penyebaran virus Corona.

Tanpa disadari, pandemi Covid19 telah menciptakan pola hidup berbeda, masyarakat harus terbiasa dengan teknologi digital. Cukup banyak yang "shock" karena harus mengubah kebiasaannya dari "offline" menjadi "online". Yang tadinya buta dengan aktivitas online seperti zoom meeeting,google meeting, belanja online, buku digital, sekarang harus membiasakan diri dengan semua itu. Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok pada masa pandemi Corona ini.

Perubahan pola kehidupan selama masa pandemi Covid19 telah memunculkan beberapa kebiasaan baru. Terlebih setelah adanya kebijakan pemerintah terkait belajar, bekerja, beribadah dan beraktivitas dilakukan di rumah. Pemberlakuan PPKM yang sampai detik ini masih diterapkan oleh pemerintah, semakin membuat kita terbiasa dengan beberapa kebiasaan baru terutama kebiasaan baru digital. Digitalisasi yang terjadi hampir disemua aspek kehidupan inilah yang tanpa kita sadari membantu kita untuk tetap bertahan menghadapi pandemi yang entah sampai kapan berakhir.

Beberapa Kebiasaan Baru Digital yang Muncul Selama Pandemi Covid19

Belajar online dari rumah (doc.pri)
Belajar online dari rumah (doc.pri)

Disadari atau tidak, sejak pemberlakuan kebijakan pemerintah untuk "stay at home",hidup kita seolah melekat dengan internet. Teknologi digital memudahkan kita untuk tetap melakukan aktivitas selama masa karantina di rumah saja atau pada saat penerapan PPKM. Saat ini atau tepatnya selama pandemi Covid19, kita menjadi terbiasa dengan aktivitas online sehingga menjadi kebiasaan baru digital.

Kebiasaan baru digital yang muncul selama pandemi diantaranya adalah:

1.Jual-Beli Online

Selama pandemi Covid19, penjualan daring tercatat mengalami peningkatan dan banyak pula aplikasi belanja online baru yang bermunculan. Hal ini dikarenakan anjuran untuk "stay at home" sehingga masyarakat lebih memilih untuk melakukan jual-beli secara online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan