Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Make It Real: Bringing Creativity To Life

14 Maret 2023   17:05 Diperbarui: 19 Maret 2023   16:45 2051
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai Bunda ... Pernahkah ada rasa bingung saat melihat anak kita begitu gemar mencoret-coret dinding rumah? Atau anak kita lincah sekali tidak berhenti beraktivitas fisik? Kadang sebagai orang tua tidak tahu harus melakukan apa untuk memfasilitasi beragam keunikan anak kita.

Semula aku hanya menduga-duga saja ketika anakku bungsu, Teteh senang sekali melakukan kegiatan yang berkaitan dengan visual art dan hasta karya. Aku senang Teteh memiliki kreativitas yang baik dan sebagai Gen-Z termasuk yang tidak terlalu bergantung kepada gadget.

Teteh anak visual-spasisal. Dokumen pribadi.
Teteh anak visual-spasisal. Dokumen pribadi.

Pengalamanku ketika menemani tumbuh kembang anak sulung, Kaka dan dan anak tengah, Mas yang ternyata memiliki kecerdasan visual-spasial tinggi. Aku tebak saja Teteh juga sepertinya begitu.

Memahami Kecerdasan Majemuk Anak

Sebagai ibu tentu perlu terus belajar bagaimana bisa mendampingi anak-anak tumbuh kembang selaras dengan kecerdasan yang telah diberikan oleh Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Pemurah.

Aku mencoba melakukan tes scan fingerprint atau tes sidik jari pada sepuluh jari tangan kanan dan tangan kiri Teteh. Hasilnya berupa profil kepribadian dan 3 bagian penting dari kecerdasan anak, yaitu :

  • Learning style. 
  • Multiple intelligence.
  • Motivation dan peta dominasi otak kiri atau kanan.

Alhamdulillah ... Aku mendapatkan beragam informasi penting dari hasil tes tersebut dengan panduan konselor dan buku kecil berisi penjelasan singkat terkait cara mengenal potensi anak. Bersyukur aku bisa memahami degan lebih baik, bagaimana menemani Teteh mengembangkan potensi terbaiknya?

Teteh senang melukis. Dokumen pribadi.
Teteh senang melukis. Dokumen pribadi.

Kecerdasan visual spasial Teteh berada di peringkat pertama score strong menuju very strong, kemudian berurutan dengan score strong adalah mathematic logic, interpersonal, kinesthetic body, naturalis, musical, intrapersonal. Poin yang diperoleh Teteh adalah 4,1 (skala 5) untuk kecerdasan visual spasial. Hhhmmm ... Apakah artinya?

Membaca pendapat DR. Howard Gardner komponen inti kecerdasan ini adalah kepekaan merasakan dan membayangkan dunia gambar dan ruang secara akurat. Visual spasial berkaitan erat dengan kemampuan menggambar, memotret, membuat patung, dan mendesain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun