Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

Arsitektur Tempat Tinggal yang Mencerminkan Nilai-nilai Islami

15 Agustus 2022   10:34 Diperbarui: 15 Agustus 2022   10:51 167 13 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hablum minal'alamin tercermin dari perilaku ramah terhadap lingkungan. Dokumen pribadi.

Arsitektur merupakan bagian dari aspek teraga (visual_tiga dimensi) kebudayaan. Arsitektur yang baik seharusnya merupakan cerminan dari nilai dan perilaku masyarakat pendukungnya. 

Sumber tata laku dan tata nilai (akhlakul karimah) bagi masyarakat muslim adalah Al-Qur'an dan As-Sunnah. Arsitektur yang mencerminkan nilai-nilai Islami harus berangkat dari akhlakul karimah yang terdapat pada kedua sumbert tersebut.

Konsep Arsitektur Islami adalah hablum minallah, hablum minannas, dan hablum minal'alamin. Keserasian hubungan secara Islami antara manusia dengan Allah Yang Mahakuasa lagi Mahamulia, dengan sesama dan diri sendiri, serta terhadap lingkungannya.

Palace atau tempat tinggal adalah bangunan yang mewadahi beragam aktivitas manusia sehari-hari, tampat itu dapat berwujud rumah, apartemen, sekolah, asrama, perpustakaan, kantor, toko, rumah sakit, stasiun, dan sebagainya. 

Kali ini yang akan dibahas adalah tempat tinggal berupa rumah dan apartemen. Apakah tempat tinggal dapat mencerminkan nilai-nilai Islami? Seperti apa arsitektur rumah dan apartemen yang dapat mewadahi tiga konsep utama akhlakul karimah?

"Katakanlah (wahai Muhammad), sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah". (QS. Al-An'am : 162)

Jendela lebar untuk pencahayaan alami dan ventilasi udara yang baik di ruang belajar. Dokumen pribadi.
Jendela lebar untuk pencahayaan alami dan ventilasi udara yang baik di ruang belajar. Dokumen pribadi.

Rumah dan apartemen sejatinya dapat mewadahi aktivitas penghuninya untuk selalu dapat menjalankan perintah Allah subnahu watal. Tempat tinggal yang memberikan kemudahan, kenyamanan, ketenangan, keamanan, dan kekhusyuan untuk beribadah. Wujud arsitekturnya dapat berupa, ruang yang memiliki orientasi ke arah kiblat, bersih dari unsur syirik.

Penataan interior yang memberikan motivasi yang baik untuk mendekatkan diri kepada Allah Yang Mahabesar lagi Maha Terpuji untuk mendapatkan keridhaan-Nya. Lebih baik lagi jika setiap rumah memiliki mushola atau tempat khusus untuk shalat. Hal tersebut mencerminkan hablum minallah.

Lalu apa yang bisa mencerminkan hablum minannas? Keselarasan hubungan manusia dengan sesama mengajarkan kita agar mawahdah warahmah (saling mengasihi, saling menyayangi, saling menghormati), berinteraksi dalam ukhwah islamiyah yang kental nilai persaudaraan. Penataan ruang dapat diwujudkan dengan sirkulasi dan interior yang meningkatkan keakraban anggota keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan