Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kebun Teh Sidamanik dan Air Terjun Bah Biak yang Memikat

27 Juli 2021   18:09 Diperbarui: 27 Juli 2021   18:20 161 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebun Teh Sidamanik dan Air Terjun Bah Biak yang Memikat
Indahnya suasana alami di lokasi air terjun dekat perkebunan teh Sidamanik Pematang Siantar

Kabupaten Simalungun Sumatra Utara menyimpan banyak pesona keindahan alam. Aku bersyukur bisa menikmatinya ketika berkesempatan meninjau sebuah proyek pembangunan gedung di sana. 

Anakku bungsu, Teteh juga ikut dalam perjalanan kali ini. Senang sekali ... Ya tak apalah ijin untuk tidak masuk sekolah. Tapi tetap bisa belajar tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia secara langsung. 

Kami menginap di sebuah hotel kecil yang nyaman dan bersih. Sesuailah dengan anggaran sekitar Rp. 500.000,- per malam. Oya ... Aku juga menyewa mobil komplit dengan drivernya untuk menjelajah tempat wisata alam di sekitar Pematang Siantar.

Hasil searching Google, aku memilih mengunjungi perkebunan teh Sidamanik dan air terjun Bah Biak. Pagi hari setelah sarapan di hotel, kami segera berangkat agar bisa menikmati udara sejuk dan segar sepanjang perjalanan. Mobil menelusuri jalanan yang cukup sepi. Di kiri kanan tampak perkampungan penduduk dengan rumah kayu yang asri. 

Di halamannya tampak ditanam pohon kopi dan buah-buahan. Kadang diselingi kebun palawija. Akhirnya sampai juga di perkebunan teh Sidamanik.

Hamparan tanaman teh bagai permadani hijau dengan latar pegunungan Bukit Barisan.  Langit biru cerah berhias awan putih menambah cantik. 

Angin semilir membelai wajah dan menerpa jilbab kami. Sungguh suasana yang membuat hati ini tertawan. Kebun teh Sidamanik sudah ada sejak tahun 1926, memiliki luas mencapai 8.373 hektare dan menjadi bagian dari PTPN IV.

Kebun teh ini disebut sebagai perkebunan terbaik kedua di Indonesia. Bahkan, hasil panennya diekspor hingga ke wilayah Eropa Timur, Eropa Tengah, Singapura, dan Malaysia. Juga diminati oleh negara Timur Tengah seperti Syiria, Mesir, Iran, dan Irak).

Pemandangan yang menawan hati di perkebunan teh Sidamanik.
Pemandangan yang menawan hati di perkebunan teh Sidamanik.
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN