Mohon tunggu...
dewi anggraini
dewi anggraini Mohon Tunggu... Ibu dan Pembelajar

Menebarkan kebaikan untuk mendapatkan banyak kebaikan pula. Bahagia itu pilihan dan bahagia harus dicari.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

6 Kiat Sederhana Menumbuhkan Rasa Suka Membaca pada Anak

5 Mei 2021   06:07 Diperbarui: 5 Mei 2021   09:23 74 5 0 Mohon Tunggu...

Membaca merupakan aktivitas yang umum dilakukan oleh siapa pun, termasuk kita dan anak-anak. Sedari dini anak harus dibiasakan suka membaca karena banyak manfaat yang dapat dipetik ketika anak itu suka membaca. Anak akan bertambah wawasan pengetahuannya, perbendaharaan kosakata pun meningkat, dan bisa membangkitkan rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapat. Ketiga hal tersebut adalah sedikit manfaat dari banyak manfaat membaca lainnya.

Sebagai orangtua sudah selayaknya harus terus memotivasi anak dalam membaca, tidak hanya mengandalkan sekolah saja. Kegiatan memotivasi ini bisa dimulai dari rumah, sebagai lingkungan terdekat dari anak. Apa saja yang harus kita perhatikan dan lakukan untuk menumbuhkan rasa suka membaca pada anak? Berikut 6 kiat sederhananya.

1. Menjadi Suri Tauladan

"Bagaikan Pungguk Merindukan Bulan," peribahasa yang tepat untuk mengkiaskan jika orangtua menginginkan anaknya suka membaca, namun ia sendiri tidak suka membaca. Anak adalah pengamat yang ulung, apalagi untuk anak usia dini. Mereka akan mengamati segala "gerak-gerik" yang dilakukan oleh orangtuanya termasuk kebiasaan membaca. Jika dalam keseharian kita juga suka atau berusaha suka membaca, maka anak pun akan mencontohkannya. Ketauladanan membaca yang dilakukan orangtuanya jauh lebih berbekas dibandingkan hanya diutarakan lewat kata-kata. Jadi, bagi orangtua yang sudah suka membaca lanjutkan dan yang belum cobalah untuk lebih menyukai kegiatan ini, dimulai dari membaca hal yang memang digemari.

2. Mengagendakan Wisata Toko Buku

Wisata tidak hanya dilakukan ke alam terbuka, tetapi bisa juga dilakukan ke toko buku. Kegiatan ini patut dilakukan secara berkala sesuai kemampuan saja. Agendakan setiap bulan atau beberapa bulan sekali untuk rutin ke toko buku. Dalam kegiatan ini, anak diberikan kesempatan untuk memilih buku yang dia sukai dan juga bisa mengamati buku-buku lain yang sedang best seller. Biudget untuk membeli buku tentunya disesuaikan dengan kemampuan keluarga masing-masing. Dengan orangtua mengagendakan kunjungan ke toko buku, secara psikologis akan membuat anak terbiasakan dan tertanamkan bahwa buku adalah suatu hal yang digemari dalam keluarganya. Budaya yang patut dicoba untuk dibiasakan.

 

3. Membuat Jadwal Rutin Membaca

Membaca bagi sebagian anak merupakan kegiatan yang belum menjadi prioritas, mereka cenderung memilih bermain games, menonton, ataupun melakukan aktivitas lain yang tidak ada hubungannya dengan membaca. Mereka cenderung membaca jika memang ada penugasan dari sekolah saja. Untuk itu kita sebagai orangtua harus mencoba mencari celah agar si anak suka membaca. Salah satunya adalah dengan membuat jadwal rutin membaca. Agar si anak tidak merasa selalu didikte, sebaiknya penjadwalan dilakukan dengan sama-sama berdiskusi untuk membuat kesepakatan. Misalkan dalam satu minggu di hari apa saja semua anggota keluarga harus membaca tanpa terkecuali, sehingga dalam satu minggu target membaca satu buku selesai. Dengan motode seperti ini, diharapkan anak dan semua anggota keluarga memiliki kedisiplinan yang baik dalam hal membaca. Dari hal yang sedikit dipaksakan dapat menjadi hal yang terbiasakan, dan dari hal yang terbiasa menjadi hal yang disuka.

 

4.Membuat Forum Diskusi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN