Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Dominasi Netflix dalam Nominasi "Golden Globes 2020", Layanan Streaming Makin Unjuk Gigi?

10 Desember 2019   23:25 Diperbarui: 11 Desember 2019   05:01 529 7 3 Mohon Tunggu...

Daftar nominasi Golden Globes 2020 telah diumumkan pada Senin (9/12/2019). Ada yang menarik ketika memerhatikan 125 nama sineas dan film yang dalam daftar tersebut. Rupanya Netflix makin unjuk gigi dengan 34 nominasi dengan "The Irishman"dan "Marriage Story" mendominasi.

Film "The Irishman" dan "Marriage Story" belum lama ditayangkan di Netflix. Film ini langsung mendapatkan banyak pujian dari para kritikus dan penonton awam.

Meskipun "The Irishman" berdurasi tiga jam tiga puluh menit, para penonton tak gentar untuk menyaksikan film teranyar Martin Scorsese dengan bintang kesayangannya, Robert De Niro. Film ini berkisah tentang kiprah mafioso Italia berdasarkan kisah nyata.

Filmnya dikemas dengan alur yang tak linear namun tetap mudah dinikmati. Cerita yang apik, akting jajaran pemainnya yang solid, juga skoringnya yang membuat cerita makin dramatis membuat durasi tak jadi soal pelik. 

Dengan "The Irishman", Netflix meraih 5 nominasi, yaitu nominasi sutradara (Martin Scorsese), aktor pendukung kategori drama (Al Pacino dan Joe Pesci), film drama dan skenario (Steven Zaililan).

Kedua film Netflix ini banjir pujian dan bisa jadi juga lolos dalam ajang Oscar (sumber: Esquire)
Kedua film Netflix ini banjir pujian dan bisa jadi juga lolos dalam ajang Oscar (sumber: Esquire)
Rivalnya, "Marriage Story" malah mencatatkan 6 nominasi. Film tentang sepasang suami istri yang sedang mengalami konflik perpecahan berhasil meraih nominasi untuk kategori film drama, aktor (Adam Driver), aktris (Scarlett Johansson), aktris pendukung (Laura Dern), skenario (Noah Baumbach), dan skoring (Randy Newman).

Selain "The Irishman" dan "Marriage Story", film drama dan film serial Netflix lainnya juga mendapatkan apresiasi. Film dan serial tersebut yaitu "The Two Popes (film, aktor - Jonathan Pryce, aktor pendukung - Anthony Hopkins skenario -Anthony McCarten), "Dolemite is Ny Name" (film musikal/komedi, aktor musikal/komedi - Eddie Murphy), "The Crown"(serial drama, aktris serial drama- Olivia Colman, aktor serial drama- Tobias Menzies, aktris pendukung - Helena Bonham Carter), "The Kominsky Method" (serial musikal/komedi, aktor serial musikal/komedi - Michael Douglas, aktor pendukung - Ian Arkin), dan "Unbelievable" (serial pendek, aktris serial pendek - Kaitlyn Dever dan Merritt Wever).

Film-film Netflix bersaing dengan film-film-film mainstream di antaranya "Knives Out", "Joker", "Ford vs Ferrari", "Once Upon a Time in Hollywood", "1917", "The Little Women", dan "Bombshell". 

Layanan streaming lainnya yang juga mendulang nominasi yaitu Amazon Prime Video, Apple TV Plus, dan Hulu. Bahkan jika ditotal maka nominasi film serial yang dibuat oleh layanan streaming ini jauh lebih banyak dari serial yang dibuat dan ditayangkan oleh stasiun televisi konvensional.

Film Joker,1917, dan Once Upon a Time in Hollywood merupakan film mainstream yang bersaing dengan film streaming (sumber: movieweb)
Film Joker,1917, dan Once Upon a Time in Hollywood merupakan film mainstream yang bersaing dengan film streaming (sumber: movieweb)
Dengan melihat pengumuman nominasi ini maka produsen film dan stasiun televisi perlu lebih berhati-hati. Persaingan akan semakin sengit dan lawannya adalah yang mungkin tak mereka sadari, berupa, layanan streaming.

Netflix dan Penghargaan Bergengsi
Pada tahun 2014 Netflix mencatatkan sejarah dengan kali pertamanya masuk nominasi dan meraih penghargaan Golden Globes lewat serial "House of Cards". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x