Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Ilalang yang Tinggi Bisa Jadi Sesuatu yang Mencekam dalam "In The Tall Grass"

26 November 2019   12:53 Diperbarui: 26 November 2019   13:05 77 3 1 Mohon Tunggu...
Ilalang yang Tinggi Bisa Jadi Sesuatu yang Mencekam dalam "In The Tall Grass"
In The Tall Grass satu lagi dari Stephen King (sumber: IMDb)

"Waspadalah, ilalang tinggi juga menyimpan misteri yang membuatmu ngeri"

Horor itu bermuka dari sebuah peristiwa malang yang menimpa dua kakak beradik, Becky (Laysla De Oliveira) dan Cal (Avery Whitted) . Keduanya berniat pindah ke kota baru, di rumah bibi mereka, hingga si Becky melahirkan.

Ketika Becky merasa mual dan meminta kendaraan menepi, ia mendengar sayup-sayup suara minta tolong. Ada suara anak laki-laki yang nampaknya terpisah dari kedua orang tuanya. Anak laki-laki yang menyebut dirinya Tobin (Will Buie Jr.) kesulitan melihat jalan karena ilalang yang begitu tinggi. Ia meminta Becky untuk menolongnya,  membantunya mengeluarkan dia dari ilalang tersebut.

Cal kemudian berniat menolong. Ia langsung masuk ke ladang sebelum Becky menghentikannya dan memintanya berjalan lebih perlahan. Awalnya suara anak laki-laki itu nampak dekat tapi lama-kelamaan makin sayup-sayup dan emmudar. Ketika kakak beradik itu menyadari, sekeliling mereka adalah ilalang tinggi dan keduanya terpisah. Mereka tak bisa menemukan satu sama lain. Sedangkan Tobin hanya tertinggal suaranya. 

Becky mencoba menelpon meminta tolong.  Sayang kemudian tak ada sinyal. Becky mulai panik. Apalagi ia mulai dehidrasi dan tak ada yang bisa dilihatnya selain ilalang yang tinggi. Sebenarnya rahasia apa yang disembunyikan oleh ilalang yang begitu rapat dan tinggi tersebut?

Aku tak punya ekspektasi apapun ketika menonton film ini karena tidak menyaksikan trailer-nya dan juga belum pernah sama sekali mendengar cerita ini. Rupanya novelnya memang masih baru, Stephen King menyusun cerita ini bersama anaknya, Joe Hill.

Rumput begitu tinggi (sumber: IMDb)
Rumput begitu tinggi (sumber: IMDb)
Stephen King tahun ini lagi laris-manis. Dalam tahun ini saja terdapat adaptasi film Stephen King dari "Pet Sematary", "It Chapter 2", dan "Doctor Sleep" yang diboyong ke layar lebar. "In The Tall Grass" sayangnya akhirnya batal tayang di bioskop, melainkan di Netflix.

Film ini memiliki potensi sebuah film horor. Jalan yang sepi, ilalang yang rapat dan tinggi, suasana yang sunyi, dan misteri yang tersembunyi. Penonton diberikan informasi sedikit demi sedikit apa yang sebenarnya terjadi dan kemudian diberikan waktu untuk mengelola  teka-teki.

Memang awalnya agak membingungkan. Tapi sebenarnya penonton akan paham setelah peristiwa-peristiwa yang terjadi berikutnya.

Yang kusuka di sini adalah rasa penasaran akan misteri yang terselubung, musik dan chant yang mistis, juga rasa peduli terhadap nasib para tokohnya. Minusnya, pengembangan karakter antagonis kurang terlihat motivasinya. Terdapat pengulangan peristiwa yang sebenarnya tidak perlu. Juga rahasia besar yang tersimpan dalam ilalang tersebut belum terungkap semuanya.

Secara keseluruhan aku suka akan jalan cerita dan kisah penutupnya. Misteri mungkin lebih baik dibiarkan tetap sebuah misteri.

Ada misteri apa sebenarnya? (Sumber: IMDb)
Ada misteri apa sebenarnya? (Sumber: IMDb)
Detail Film:
Judul: In The Tall Grass
Sutradara: Vincenzo Natali
Pemeran: Patrick Wilson, Harrison Gilbertson, Avery Whitted, Rachel Wilson,Laysla De Oliveira, dan Will Bule Jr.
Genre: Horor
Skor: 6.8/10


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x