Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Laris Manis Film Horor, Rasa Penasaran Bisa Mengalahkan Rasa Takut

21 Oktober 2019   12:32 Diperbarui: 22 Oktober 2019   03:01 0 5 1 Mohon Tunggu...
Laris Manis Film Horor, Rasa Penasaran Bisa Mengalahkan Rasa Takut
Film horor masih laris (sumber: TribunNews)

Sejak tiga tahun terakhir layar bioskop Indonesia diserbu oleh film horor, baik film Indonesia maupun film mancanegara. Jika dulu film horor hanya tayang bulan-bulan tertentu, terutama mendekati Halloween, kini hampir setiap minggu ada film horor baru.

Meski sudah cukup sering dan temanya mirip-mirip, penonton masih belum bosan. Terbukti film horor rata-rata masih berhasil menarik lebih dari 100 ribu penonton.

Hingga 21 Oktober sudah ada 30-an film horor Indonesia yang mewarnai layar bioskop. Hampir setiap minggu tayang film horor baru.

Dari 30-an film tersebut sudah ada empat film horor yang masuk deretan 15 film Indonesia terlaris 2019 hingga saat ini, dengan posisi tertinggi diraih oleh "Danur 3: Sunyaruri" yang menempati posisi ketiga dengan perolehan 2.368.270 penonton.

Jika melihat data yang dirilis oleh situs film Indonesia, maka film horor sejak tiga tahun terakhir selalu menempati lima besar. Bahkan pada tahun 2017 film remake "Pengabdi Setan" berhasil memuncaki film terlaris dengan 4.206.103 penonton, mengalahkan "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2".

Sementara Danur dari film pertama hingga film ketiga berhasil menempati lima besar.

Melihat minat masyarakat yang masih besar terhadap film horor, tak heran jika rumah produksi masih tertarik untuk memproduksi film horor. Ke depan masih banyak film horor yang bakal tayang seperti "Rumah Kentang The Beginning", "Lampor: Keranda Terbang", "Kelam", dan "Ratu Ilmu Hitam".

Dengan semakin populernya film horor, bintang-bintang papan atas pun juga tak segan-segan lagi bermain di film horor. Nama-nama seperti Christine Hakim, Acha Septriasa, Titi Kamal, hingga Adinia Wirasti pun kemudian mencatatkan diri untuk tampil di genre ini.

Sumber: imdb.com
Sumber: imdb.com
Padahal banyak pemain film yang aslinya adalah penakut. Tara Basro yang berperan di "Pengabdi Setan" dan "Perempuan Tanah Jahanam", mengaku di hadapan wartawan bahwa ia aslinya adalah seorang penakut. Tapi karena penasaran dengan naskah Joko Anwar dan termotivasi dengan keikutsertaan Christine Hakim, maka ia pun mengiyakan tampil di "Perempuan Tanah Jahanam". 

Christine Hakim juga selama ini enggan bermain di genre horor karena tidak suka dikageti. Namun karena naskah skenario yang bagus dan ingin menantang diri sendiri, maka iapun kemudian ikut bergabung di horor.

Bagaimana dengan penonton? Sebenarnya tidak semua pecinta film horor itu pemberani. Di antara penonton tersebut malah tak sedikit yang penakut, termasuk aku. Kulihat beberapa penonton yang malah heboh sendiri menutup mata dengan jaket atau bergelung menghadap ke temannya hehehe, sambil sedikit-sedikit mengintip ke layar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x