Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Siapa Bilang Wanita Sukses Tidak Bisa Urus Keluarga dan Kariernya?

7 Agustus 2018   09:00 Diperbarui: 8 Agustus 2018   11:20 1926 8 11
Siapa Bilang Wanita Sukses Tidak Bisa Urus Keluarga dan Kariernya?
Boneka flanel keluarga buatan kakak (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)

Kuraih semua mimpi 
Siapa bilang gak bisa 
Aku wanita yang berani 
Siapa bilang gak bisa

Lagu #SiapaBilangGakBisa milik Anggun yang sekarang sering berkumandang di media digital dan radio ini memiliki irama yang ear-catchy dan lirik yang inspiratif. Ketika mendengar lagu ini dan melihat videonya, aku merasa termotivasi dan mendapat suntikan energi untuk raih mimpi.

Perempuan siapapun bisa meraih mimpinya, termasuk mereka yang memilih menjadi ibu rumah tangga, seperti kakakku. Meskipun waktunya lebih banyak di rumah, ia tetap memiliki asa dan kemauan untuk menjalankan hobinya yang mendatangkan pundi-pundi uang.

Dari Staf Perusahaan Multinasional Menjadi Ibu Rumah Tangga

Kakakku setelah mengantar kedua puterinya ke sekolah, asyik memindahkan pola ke selembar kain. Ia kini punya mainan baru, belajar menjahit. Beberapa bulan lalu ia membeli mesin jahit portable yang ringan dan mudah dibawa kesana kemari. 

Awalnya ia ragu apakah ia bisa membuat sebuah pakaian tanpa pernah kursus sama sekali. Rupanya tak perlu waktu lama ia pun mampu membuat pakaian sendiri. Memang sih modelnya sederhana dan jahitannya masih belum rapi. Ia masih belum mahir. Tapi dengan telaten, ia terus berlatih. Baju keduanya pun jadi.

Tak pernah terbesit oleh kakakku untuk berwirausaha di bidang kreatif. Dulu ia pekerja kantoran di sebuah perusahaan multicompany. Jabatannya pun sebenarnya sudah lumayan tinggi. 

Namun, karena anak pertamanya sakit-sakitan, ia pun harus memilih yang lebih prioritas. Maka ia pun kemudian melepaskan pekerjaannya. Apalagi, ia kemudian berpindah tempat tinggal, sehingga makin jauh dari tempat kerjanya.

Baju buatan buatan kakak (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)
Baju buatan buatan kakak (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)
Tahun-tahun awal menjadi ibu rumah tangga ia merasa bosan. Mengurus anak dan suami serta mengerjakan pekerjaan membersihkan rumah memang pekerjaan yang seolah-olah tak ada selesainya. Namun, ia jenuh jika hanya melakukan pekerjaan itu-itu saja. Ketika kedua anaknya sudah mulai besar maka ia pun mulai menekuni kembali hobinya. Hobi membuat kerajinan tangan.

Ketika masih kuliah ia memang aktif di komunitas yang suka utak-atik kerajinan tangan. Dari kertas bekas, lahir sejumlah benda-benda cantik menarik dan bernilai jual. Ada pigura, tempat pensil, album foto, tempat menyimpan kartu nama, dan sebagainya. Waktu itu aku sempat diajarinya dan ternyata tidak mudah.

Belajar Sesuatu yang Baru dan Kemudian Jadi Sumber Pendapatan Baru

Ia memang kreatif dan berbakat dalam bidang seni. Setelah melihat-lihat berbagai buku kerajinan tangan dan melihat video pembuatan berbagai kerajinan tangan, ia menjatuhkan pilihan kepada kerajinan flanel. 

Dari kain flanel maka bisa dibuat beragam barang yang lucu-lucu, menarik, dan menggemaskan. Yang banyak dipesan itu seperti boneka flanel pernikahan, toples hias, dan boneka karakter mungil, juga peraga untuk anak TK dan SD.

"Dapat idenya dari mana nih?" Bibirnya berkerut memikirkan jawaban.  Idenya bisa dari mana saja, bisa dari kedua anaknya, ataupun juga dari kebiasaannya menonton film animasi. Banyak juga yang idenya dari si pemesan. "Pernah ada yang ingin boneka para anggota salah satu boyband hits asal Korea," jelasnya.

Gantungan kunci dari kain flanel buatan kakak (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)
Gantungan kunci dari kain flanel buatan kakak (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)
Boneka tangan dari kain flanel buatan kakak (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)
Boneka tangan dari kain flanel buatan kakak (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)
Tak Puas Hanya di Kerajinan Flanel, Belajar Kerajinan Lainnya

Setelah bertahun-tahun berkutat di bidang kerajinan kain flanel, ia bosan dan kemudian mencoba mempelajari sesuatu yang baru. Siapa bilang nggak bisa? Ia sepertinya terinspirasi dari single anyar milik Anggun, yang berjudul Siapa Bilang Gak Bisa.  Jangan takut untuk mencoba, demikian pesan Anggun dalam lagu tersebut.

Rupanya asal ada kemauan, tekat, dan juga sikap pantang menyerah, maka siapa saja bisa menguasai bidang yang baru. Kakakku pun mulai rajin berburu kain dengan motif lucu-lucu. Ia juga berlatih membuat pola dan membuat jahitan yang rapi. 

Setelah mengantar anaknya ke sekolah maka ia pun bergelut dengan mainan barunya, hingga waktunya tiba menyiapkan makan siang. Sejauh ini mainan barunya belum banyak menghasilkan uang, namun ia tetap merasa senang karena dapat melakukan hobinya sambil tetap mengurusi keluarga kecilnya.

Baju buah-buahan pesanan (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)
Baju buah-buahan pesanan (sumber: www.instagram.com/srivijayantim)
Metamorfosis Kaum Perempuan

Ketika perempuan bermetamorfosis menjadi wanita dewasa maka ia pun siap untuk mengemban multiperan. Ia menjelma menjadi wanita karier dari pagi hingga petang, kemudian berganti peran setiba di rumah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2