Mohon tunggu...
Sri Wiyolanda
Sri Wiyolanda Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika SMPN 1 Lembang Jaya
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Semangat Mengukir Prestasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Minggu Ke 17: Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Futures)

18 April 2022   23:35 Diperbarui: 18 April 2022   23:41 4874
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

FACTS

Kegiatan minggu ke-17 ini dimulai dengan melanjutkan sesi Eksplorasi Konsep (mandiri) modul 3.1 yang dimulai pada akhir minggu lalu, tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran. Di dalamnya terdapat bahasan secara mendalam tentang:

  • Nilai-nilai Kebajikan Universal
  • Bujukan Moral dan Dilema Etika
  • 4 Paradigma Dilema Etika
  • 3 Prinsip Pengambilan Keputusan, dan
  • 3 Prinsip Dilema Etika

Para CGP dituntut untuk menambah bahan literasinya tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran ini dengan materi yang sarat dengan ilustrasi berupa video. Kegiatan mandiri itupun dilanjutkan dengan sesi diskusi pada hari berikutnya. CGP diminta untuk menanggapi opini CGP lain, disamping memberikan tanggapan ataupun refleksnya sendiri.

Sedangkan pada hari ke-3 dan ke-4, kegiatan dilanjutkan dengan Ruang Kolaborasi sesi pengerjaan dan presentasi. Para CGP diminta untuk menampilkan sebuah analisa tentang kasus Dilema Etika, baik yang diangkat dari pengaaman pribadi, keadaan nyata di sekolah, atau kasus yang ditemukan di media sosial maupun yang ada dalam bahan pendalaman pada Learning Managemnet System (LMS) PGP.

Minggu ke-17 ini diakhiri dengan kegiatan Lokakarya 4, yang membahas mengenai: profil diri, Dokumentasi Aksi Jangka Pendek, Coaching, dan Pembuatan RPP yang Berdiferensiasi. Sebelum pelaksaaan Lokakarya 4, para CGP mengikuti kegiatan Pendampingan Individu (PI) 3 di sekolahnya masing-masing, dibawah bimbingan para Pengajar Praktik. Topik bahasan pada PI 3 adalah:

  • Pembentukan Komunitas Praktisi.
  • Dokumentasi Aksi Jangka Pendek, dan
  • RPP yang Berdiferensiasi.

Seperti kegiatan pada minggu-minggu sebelumnya, aktifitas minggu inipun dihadapkan pada beberapa kendala, seperti tidak stabilnya jaringan internet, kesulitan dalam management waktu, maupun kendala non teknis lainnya. Ruang Kolaborasi yang sempat molor beberapa puluh menit karena ada salah seorang rekan yang kesulitan untuk bergabung. Namun semua kendala dapat teratasi dengan semanagat, kerja keras dan kebersamaan yang tanpa menegnal lelah. Para CGP yakin bahwa dengan semangat kebersamaan semua kendala akan mampu diatasi.

FEELINGS

Sepanjang perjalanan dalam minggu ke-17, saya begitu bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk mempelajari modul 3.1 ini. 

Mengenal 9 Langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan sebagai bekal untuk menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang akan mampu mengambil sebuah keputusan dengan mempertimbangkan Nilai-nilai Kebajikan Universal, 4 Paradigma Dilema Etika, 3 Prinsip Pengambilan Keputusan, dan 3 Prinsip Dilema Etika. 

Tak jarang dalam pelaksanaan tugas sebagai seorang pendidik, kita dihadapkan pada sebuah situasi yang kompleks dan menuntut sebuah penyelesaian yang bijak. 

Sebelum mengenal materi pada modul 3.1, keputusan yang saya ambil dalam sebuah permasalahan seringkali hanya berdasarkan intuisi dan pertimbangan yang saya anggap benar secara pribadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun