Mohon tunggu...
Dewi Rahmawati
Dewi Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

seorang mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI yang mempunyai hobi berolahraga.

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Love Your Self: Mengatasi Rasa Insecure terhadap Diri Sendiri

13 Juli 2022   21:19 Diperbarui: 13 Juli 2022   21:54 220 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi insecure. (sumber: Canva)

Setiap orang pasti pernah mengalami dan merasakan bahwa dirinya tidak pernah cukup baik dan selalu merasa dirinya kurang, hal tersebut biasa disebut dengan insecure. Rasa insecure dapat muncul kapanpun dan dimanapun kalian berada yang akan membuat perasaan menjadi tidak nyaman, hal tersebut tidak dapat dihindari dengan begitu saja.

Apa yang membuat rasa insecure itu muncul ?

Rasa insecure dapat muncul salah satunya yaitu dengan menghadapi kegagalan yang berulang kali, sehingga aka muncul rasa dimana kalian tidak diinginkan dalam suatu lingkungan dan beranggapan bahwa kalian tidak berguna. 

Selain itu, rasa insecure dapat muncul dari sebuah ketakutan pada diri sendiri, dimana kalian memikirkan jika penilaian orang terhadap diri kalian tidak sesuai apa yang kalian bayangkan, sehingga akan membuat kalian mejadi kepikiran dan membandingkan diri kalian dengan orang lain yang jauh lebih segalanya serta akan menyalahkan diri kalian sendiri.

Apa akibat dari rasa insecure ?

Insecure sebenarnya merupakan hal yang sangat wajar dalam hidup. Namun, jika kalian terus terlalut dalam rasa insecure, maka hal tersebut akan membawa dampak negatif untuk diri kalian sendiri. Salah satunya yaitu, kesehatan mental pada diri kalian perlahan akan terganggu. 

Kalian akan terus menyalahkan diri sendiri dan juga tidak akan pernah merasa cukup terhadap apa yang kalian punya dan lakukan. 

Bagaimana cara mengatasi rasa insecure ?

Rasa insecure dapat diatasi dengan mencintai diri sendiri yang jauh lebih utama. Dengan kalian mencintai diri sendiri, maka tidak akan terjadi hal yang membanding-bandingkan diri kalian dengan orang lain, sehingga diri kalian akan selalu merasa cukup dengan apa yang kalian punya dan kalian lakukan. 

Diri kalian akan merasakan rasa bahagia setiap harinya dan akan selalu memikirkan hal-hal yang positif. Kalian juga dapat memberikan self-reward setiap diri kalian dapat melawan rasa insecure agar kalian lebih dapat menghargai diri kalian sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan