Mohon tunggu...
Devi Riani Atika Sari
Devi Riani Atika Sari Mohon Tunggu... Lainnya - Studying Communication Science at Atma Jaya Yogyakarta University.

I'd like to learn something new and develop my skills. Kompasiana became one of the platforms to develop my writing skills. Enjoy!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

3 Rahasia di Balik Suksesnya Instagram FOLKATIVE!

1 Desember 2021   12:27 Diperbarui: 1 Desember 2021   13:17 15202 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media Sosial Instagram FOLKATIVE (Sumber: tangkapan layar instagram @folkative)

Kamu tahu FOLKATIVE? Singkatnya, FOLKATIVE adalah sebuah platform media online yang menyediakan berita harian terbaru. Cukup berbeda dari media online lainnya, FOLKATIVE mengusung pemberitaan tentang “Creative Culture” Indonesia dan menyasar kalangan milenial.

FOLKATIVE memiliki akun Instagram @folkative dengan jumlah pengikut sebanyak 2,1 juta saat ini. Fakta menariknya, setiap posting-an FOLKATIVE cenderung tembus seratus ribu likes. Wow! Engagement rate yang sangat tinggi, bukan? Mari kita ulik 3 rahasia suksesnya Instagram FOLKATIVE.

Ciri Khas

 (Sumber: tangkapan layar instagram @folkative)
 (Sumber: tangkapan layar instagram @folkative)

FOLKATIVE memiliki ciri khas dalam setiap posting-an yang di-upload. Hal ini juga bisa sekaligus menjadi branding. Lalu, apa yang menjadi ciri khas kuat FOLKATIVE? 

DIGITAL dan SIMPEL!

Pertama, Digital. FOLKATIVE berhasil membawa unsur digital dalam medianya sesuai dengan target audiensnya, yaitu milenial. Konsisten update di Instagram merupakan keputusan baik yang dilakukan FOLKATIVE. 

Siapa sih milenial yang tidak memiliki Instagram? Selain itu, konten-konten budaya pop Indonesia seputar hiburan, seni, brand yang dibawakan FOLKATIVE banyak diminati oleh milenial.

Kedua, Simpel. Konten-konten di Instagram FOLKATIVE memiliki cover judul yang sangat khas, hanya kertas putih polos dengan logo FOLKATIVE berwarna hitam. Judulnya pun amat singkat tapi tetap informatif. 

Kalau kamu milenial, kamu pasti juga sadar kalau anak muda jaman sekarang itu malas membaca. Jadi, konsep simpel yang diusung FOLKATIVE ini relevan dengan milenial.

Konsisten

FOLKATIVE konsisten meng-upload konten sesuai ciri khasnya, sehingga tidak mengherankan semakin banyak orang yang mem-follow Instagram mereka. Perharinya, FOLKATIVE bisa mem-posting 1 sampai 4 berita di Instagram. Hal ini juga yang membuat FOLKATIVE erat dengan kata “up to date”, karena cepat tanggap dalam mengemas berita baru.

Selain itu, konsistensi juga membuat FOLKATIVE memiliki audiens yang spesifik. Kalau kamu perhatikan kolom komentar di posting-an FOLKATIVE, kamu akan sadar bahwa audiens FOLKATIVE itu milenial sekali. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan