Mohon tunggu...
Devi Meilana Trisnawati
Devi Meilana Trisnawati Mohon Tunggu... Pengajar - Seorang Ibu Rumah Tangga, Pengajar Paruh Waktu dan Blogger

Pengagum Berat Westlife. Menaruh cinta pada dunia Ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Mudah Lelah Ketika Berpuasa? Selipkan Madu dalam Pola Konsumsi Makan Anda

20 April 2021   22:34 Diperbarui: 20 April 2021   22:55 633 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi madu. Sumber: Steve Buissinne di Pixabay.

Menjalankan ibadah puasa Ramadan bersamaan dengan masa pandemi virus corona adalah tantangan tersendiri bagi umat muslim. Tubuh harus kuat menghadapi segala pergerakan saat aktivitas di tengah ibadah puasa. Asupan makanan yang tidak seimbang dengan frekuensi aktivitas akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang menurun pun dapat berpotensi terkena virus.

Padahal, bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Umat muslim pun berbondong-bondong untuk meraih keberkahan tersebut dengan serangkaian ibadah mulai dari puasa, salat tarawih, tadarus Al-quran hingga mengikuti pengajian. 

Namun, bagaimana dapat menjaga kekebalan tubuh agar dapat terus menjalankan aktivitas ibadah di bulan Ramadan dengan tetap bugar dan prima? Sementara seringkali kita mudah merasa lelah saat bekerja, sehingga ketika selepas berbuka justru ibadah yang lain terlewatkan begitu saja.

Mengubah Pola Konsumsi Makanan Selama Berpuasa

Sesungguhnya, ibadah puasa tidak sepenuhnya menjadi alasan ketika kita merasa lelah dan capek. Kenali dulu pola konsumsi makanan kita saat berbuka dan sahur. Apakah menu makanan yang kita konsumsi sudah cukup nutrisi? Jangan sampai, hanya sekadar mencari menu yang mengenyangkan, kandungan nutrisi justru terabaikan.

Dilansir British Nutrition Foundation, ketika berbuka kita dianjurkan untuk mengonsumsi: minum cairan, makan makanan rendah lemak, makanan berair dan makanan dengan gula murni. 

Mengapa dianjurkan untuk minum dan makan makanan kaya cairan? Karena penting untuk segera menggantikan cairan yang hilang ketika berpuasa. Sementara makanan rendah lemak akan mengurangi daya serap cairan. Terakhir, makanan yang mengandung pemanis alami dapat mendukung sumber energi untuk tubuh. Makanan yang mengadung pemanis alami dapat kita temukan dalam madu.

Madu, Bahan Alami yang Wajib Masuk Dalam Pola Konsumsi Makanan

Kebaikan madu telah disebutkan dalam Al-quran melalui surat An-Nahl ayat 69 yang artinya:

"Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)." Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir".

Madu telah diyakini sebagai sumber kebaikan dengan kandungan yang ada di dalamnya. Madu melalui kandungan nutrisi karbohidrat, vitamin, asam amino, magnesioum, phosopor dan kalium sangat bermanfaat bagi tubuh. Madu juga bersifat antibakteri, antiradang dan antijamur, seperti yang dirangkum oleh situs alodokter.com.

Tiga Manfaat dalam Satu Sendok Makan KOJIMA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sehat dan Gaya Selengkapnya
Lihat Sehat dan Gaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan