Mohon tunggu...
Devi Malanesa
Devi Malanesa Mohon Tunggu... mahasiswa ilmu komunikasi

just chill

Selanjutnya

Tutup

Media

Pentingnya Jurnalis Online dalam Revolusi Industri 4.0

6 Juni 2020   20:05 Diperbarui: 6 Juni 2020   19:59 2 0 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan zaman semakin canggih khususnya dalam teknologi dan informasi, penggunaan teknologi semakin tajam dimana masyarakat sudah mulai menikmati bagaimana kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakannya. Oleh karena itu teknologi menjadi favorite disetiap lapisan masyarakat.

Saat ini teknologi menjadi peran utama bagi Masyarakat, diInternet terdapat berbagai macam pengetahuan yang luas dan jelas semuanya ada didalam Internet. Teknologi yang semakin meningkat pesat menjadikan kemudahan dalam mengakses informasi. Perubahan besar dalam industri komunikasi yang membuat terjadinya konvergensi media dengan menggabungkan media massa konvensional dengan teknologi (internet). Agar suatu media tetap memiliki eksistensi dalam era ini, dia harus mampu mengikutu perkembangan yang sudah ada dengan cara melakukan konvergensi tersebut. untuk era digital dalam mengakses informasi bukan hanya saja dari buku tetapi bisa dalam bentuk pdf, jurnal online, website, dll. Banyak media yang sudah melakukan konvergensi, seperti surat kabar kompas memiliki kompas.com. Konvergensi yang membuat suatu media bisa bertahan di tengah-tengah persaingan dalam era yang semakin canggih. Dengan mengikuti arus teknologi merupakan salah satu cara agar media tersebut tidak tertinggal.

Media online erat sekali kaitannya dengan jurnalis online karena media online termasuk dalam konteks komunikasi massa. Melalui jurnalis online merupakan salah satu cara untuk mengurangi berita hoax yang banyak beredar di internet, jurnalis online dapat menjadi sumber informasi terpecaya di tengah-tengah masyarakat dengan memiliki sumber yang jelas

prinsip-prinsip jurnalis online :

1. Brevity Prinsip

Brevity Prinsip mengandung arti keringkasan, simple dan praktis. Dalam penulisan jurnalisme online harus singkat, padat dan jelas. Hal ini ditujukan agar audience betah ketika membaca tulisan di dalam media online. Bahkan dalam liputan video sekalipun, video 3 menit pun sudah dianggap terlalu lama.

2. Adaptability

Adaptability Prinsip adalah penyesuaian diri terhadap teknologi. Teknologi semakin berkembang, seorang jurnalis dituntut untuk mampu beradaptasi disemua kondisi termasuk beradaptasi dengan teknologi baru. Teknologi baru menciptakan jurnalisme online sehingga para jurnalis juga dituntut untuk mampu menggunakan beberapa aplikasi dari internet seperti hypertext, audio, video, animation, blog, dll.

3. Scannability

Scannability memudahkan para audience dalam pencarian informasi, karena audience berorientasi pada isi pesan. Produk jurnalisme online harus memudahkan dimengerti pembaca, jika tidak kemungkinan audience yang akan mencari informasi di website lain.

4. Interactivity

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x