Mohon tunggu...
Devie Zahra
Devie Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

29-12-1999

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jauhi Gadget Dari Anak! Optimalkan Tumbuh Kembang

15 Agustus 2022   17:46 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:56 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosialisasi kepada ibu-ibu mengenai pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak. Dokpri

Tangerang Selatan -- Gadget adalah perangkat alat elektronik berukuran kecil yang memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya. Gadget merupakan perkembangan dari elektronik yang dapat mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Gadget diciptakan untuk menjadikan hidup manusia lebih praktis. Banyak sekali fungsi gadget bagi kehidupan manusia yaitu sebagai media komunikasi, memperoleh akses informasi, sarana hiburan.

Gadget memiliki efek positif dan negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Dampak gadget bagi kesehatan antara lain adalah anak-anak akan sering menirukan apa yang dilihatnya di internet, menjadi kurang interaktif dengan orang lain terutama kepada orangtua, menjadi kecanduan karena sering bermain game sehingga dapat melupakan untuk mengerjakan hal-hal lain seperti belajar dan mengerjakan tugas, serta gadget dapat mempengeruhi siklus tidur anak.

Dalam penggunaan gadget anak perlu pendamipangan oleh orangtua. Peran orangtua dalam penggunaan gadget untuk mengawasi dan mengarahkan anak saat bermain gadget supaya dapat bermanfaat bagi anak.

Pada hari Rabu (10/08/22) Penulis melakukan sosialisasi mengenai penggunaan gadget kepada ibu-ibu yang mendampingi anaknya di pos gizi. Materi yang disampaikan adalah mengenai dampak negatif dari penggunaan gadget terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain pemaparan materi, penulis memberikan leaflet kepada ibu-ibu yang mengikuti acara sosialisasi tersebut.

leaflet pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak. Dokpri
leaflet pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak. Dokpri

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para ibu yang berperan sebagai orangtua dapat mendampingi anak saat bermain gadget dengan bijak agar pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan optimal.

Penulis : Devie Zahra Indraswari (S1 Kedokteran Umum -- Fakultas Kedokteran)
DPL : Muhammad Mu'in, S.Kep., M.Kep., Ns.S
Lokasi KKN:Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan