Mohon tunggu...
Devie ClarisasariBudiman
Devie ClarisasariBudiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Diponegoro

you have a special place in this world where you're needed and loved. please remember that!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Lakukan Cek Kesehatan bersama Masyarakat, Mahasiswa Undip Berikan Solusi Deteksi Dini Penyakit Saat Pandemi Covid-19!

3 Agustus 2021   23:15 Diperbarui: 3 Agustus 2021   23:23 29 2 0 Mohon Tunggu...

Demak (18/07/2021). Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan di masa pandemi tentu bukan hal yang mudah, karena selama pandemi masyarakat RT 05 RW 07 Desa Sriwulan jarang memeriksaan kondisi kesehatannya karena takut untuk melakukan cek kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat. Selain itu masyarakat cenderung kurang peduli terhadap kesejahteraan kesehatan di keluarganya. Oleh karena itu program ini dapat membantu keluarga dalam memeriksa tanda-tanda vital gratis yang dapat dilakukan dirumah warga masing-masing. Dalam melakukan kegiatan ini, semua warga yang diberikan pemeriksaan tanda-tanda vital harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

Tujuan dari cek kesehatan di antaranya adalah untuk menurunkan faktor risiko, deteksi dini serta mencegah perburukan suatu penyakit. Penting untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala agar penanganan kesehatan dapat dilakukan secara dini. Adapun beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah pengukuran tekanan darah, pengurukuran indeks masa tubuh, serta pengukuran darah. 

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan pada hari Minggu,  18 April 2021 di wilayah RT 05 RW 07 Desa Sriwulan. Masyarakat yang terlibat yaitu warga yang bertempat tinggal dilingkungan RT 05 RW 07. Masyarakat terlihat antusias saat dilakukan pemeriksaan kesehatan ini.  Diharapkan dengan diadakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan ini kesehatan masyarakat dapat terkontrol dengan baik.  Selain itu masyarakat juga berharap setelah dilakukannya kegiatan pemeriksaan kesehatan ini, masyarakat mampu melakukan deteksi dini akan penyakit yang diderita sehingga masyarakat pun dapat menjalankan pola hidup sehat selama masa pandemi COVID-19 ini. 

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Ketika menerapkan pola makan hidup sehat, maka akan banyak manfaat yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah sistem imun tubuh akan tetap terjaga. Dengan memiliki pola hidup yang sehat dan dan menerapkannya secara konsisten, maka tubuh pun akan terlindungi dari berbagai macam penyakit yang menyerang. Selain itu, menjaga pola hidup sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia. Beberapa caranya adalah dengan olahraga, pola makan sehat, hindari stres, mengatur jam tidur dan perbanyak minum air putih. Oleh karena itu, melalui program pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di lingkungan RT 05 RW 07 Desa Sriwulan harapannya dapat membantu deteksi dini penyakit melalui pemeriksaan kesehatan serta dapat membuat warga untuk selalu menjaga pola hidup sehat khususnya pada saat masa pandemi saat ini.

Penulis : Devie Clarisasari Budiman, Keperawatan 2018

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN