Mohon tunggu...
Desty Dwi Lestari
Desty Dwi Lestari Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Hai, semuanya ! Semoga berkenan dengan opini dan tulisan saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Problematika Dakwah Online

20 September 2022   20:29 Diperbarui: 20 September 2022   20:33 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Problematika dakwah merupakan sebuah permasalahan yang timbul dalam dakwah baik seruan, ajakan,atau panggilan yang belum bisa dipecahkan. Sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita melakukan dakwah untuk menebar kebaikan, berdakwah tidak hanya dilakukan dengan berbicara di depan khalayak ramai di suatu pengajian atau acara acara keagamaan saja.
Di era sekarang banyak macam cara yang bisa kita lakukan untuk berdakwah. 

Salah satu caranya adalah dakwah online melalui platform online seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan masih banyak lagi. Karena anak muda jaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya di depan layar handphone maka cara dakwah yang satu ini dapat digunakan. Jika dulu orang - orang harus mendengarkan ceramah di masjid sekarang melalui media online pun masyarakat bisa mendengarkan ceramah. Namun, dakwah online juga tentu mempunyai banyak tantangan atau problematika.
Salah satunya adalah dakwah yang disampaikan tidak secara menyeluruh atau ayat/materi yang disampaikan cenderung terpotong, sehingga mad'u tidak secara baik menerima pesan dakwah tersebut (hoaks). Hal tersebut membuat mad'u menjadi menerima materi/pesan yang tidak sesuai dengan kebenaran.


Tantangan dakwah beraneka ragam bentuknya, selama ini kita hanya mengenal dalam bentuk klasik; penolakan, cibiran, cacian, bahkan teror. Banyak para da’i mampu mengatasi dengan baik karena didukung oleh niat yang kuat sebagai seorang pejuang.
Harus menggunakan cara strategis dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT. Salah satu aspek yang bisa ditinjau adalah dari segi sarana dan prasarana yakni media dakwah, karena dakwah merupakan kegiatan yang bersifat universal yang menjangkau semua segi kehidupan manusia, maka dalam penyampaiannya pun harus dapat menyentuh semua lapisan. Yang terpenting disini adalah bagaimana tantangan dakwah dan problematika tersebut dapat segera diatasi dan dicari solusi jalan keluarnya sehingga kegiatan dakwah dapat berjalan dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun