Mohon tunggu...
Desta FajarSantoso
Desta FajarSantoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Selalu Bersyukur

Nama saya Desta Fajar Santoso asal dari purworejo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Potensi Handphone

10 Juli 2021   09:33 Diperbarui: 10 Juli 2021   09:41 43 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Potensi Handphone
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum teman-teman

Pada kesempatan hari ini saya sebagai mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan akan menyampaikan pendapat saya terkait dengan potensi perangkat yang kita gunakan dan apa saja yang perlu diperbaiki agar konten menjadi lebih sehat.

Handphone merupakan alat komunikasi yang tak asing lagi bagi kita semua. Hampir semua kalangan pasti memiliki yang namanya Handphone.
Dilansir dari Wikipedia, handphone pertama kali diperkenalkan oleh Martin Corp pada tahun 1973. Beliau juga yang memperkenalkan telepon genggam kepada publik pada tanggal 13 April 1973. Waktu pertama kali telepon genggam ini keluar, beratnya sekitar 30 ons atau sekitar 800 gram.
Dengan terus dikembangkan, handphone Android diperkenalkan pada Oktober 2003. Orang yang berjasa dibalik lahirnya Android adalah Rich Miner, Nick Sears, Chris White, dan Andy Rubin. Sistem Android pada awalnya dirancang untuk meningkatkan sistem kamera. ( tekno.kompas.com )
Zaman sekarang anak kecil yang masih duduk di bangku sekolah dasar sampai orang dewasa tak asing lagi dengan teknologi komunikasi salah satunya handphone. Dengan banyaknya merek dan tipe smartphone murah yang menjadi handphone begitu populer. Bagi seorang gamer handphone gaming dengan spesifikasi yang bagus. Sedangkan untuk content creator handphone dengan penyimpanan yang besar dan kamera yang bagus sangat cocok. Dari sini kita paham bahwa ada banyak handphone dibuat sesuai dengan kebutuhan kita.

Manfaat Handphone dalam kehidupan sehari-hari

1.Sebagai alat komunikasi yang efektif dan juga efisien
Ini yang menyebabkan Handphone sangatlah penting di zaman sekarang, sebagai alat bantu komunikasi. Jika tidak ada alat komunikasi, pasti semua orang akan kesusahan menghubungi seseorang.

2.Sebagai tempat penyimpanan data
Handphone banyak yang memiliki kapasitas penyimpanan yang beragam misalnya 32 GB. Dengan tempat penyimpanan yang sangat luas ini memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai macam data atau file. Penyimpanan yang besar juga membuat kita bisa menginstal berbagai macam aplikasi yang kita inginkan.

3.Sebagai media informasi
Semua jenis dan tipe handphone pastinya memiliki mesin pencarian seperti google chrome, opera mini, uc browser dan masih banyak lagi. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa handphone menjadi sebuah kebutuhan. Karena dapat digunakan untuk mencari informasi dan referensi. Terlebih lagi mencari segala informasi melalui internet sangatlah mudah dan cepat.

4.Sarana hiburan
Hampir semua jenis dan tipe handphone pasti memiliki yang namanya aplikasi YouTube. Sehingga para pengguna bisa mencari dan mengakses berbagai jenis video yang mereka inginkan. Dan juga ada ribuan bahkan jutaan game yang bisa didownload dan dimainkan dengan handphone, mulai dari game anak-anak, remaja, bahkan orang tua.

5.Sebagai sarana membantu pekerjaan
Dengan ada handphone dapat memudahkan kita dalam segala urusan, salah satunya adalah urusan pekerjaan. Misalnya ketika kita diharuskan untuk mengirimkan file atau dokumen. Kita dapat mengirimkannya lebih mudah dengan menggunakan email.
Diera saat ini hampir semua kalangan pasti memiliki HP, apalagi di tengah pandemi kita alami sehingga memaksa Kita untuk menggunakan HP sebagai perantara belajar.

Dengan adanya jaringan internet yang kita miliki, segala hal yang ingin diketahui dapat diakses melalui HP yang terhubung dengan internet. Dengan menggunakan internet kita juga bisa berkomunikasi dengan orang banyak melalui HP Tanpa harus bertemu secara langsung.

Melalui internet kita juga hanya mencari informasi saja, melainkan juga untuk komunikasi, berjualan, dan masih banyak lagi. Seiring perkembangan jaman, teknologi pasti juga terus berkembang.
Tak hanya teknologi yang harus diperhatikan melainkan konten yang ada juga harus diperhatikan. Istilah konten berkaitan erat dengan media sosial, ada berbagai macam jenis konten seperti, gambar, video, dan tulisan yang disebarkan melalui media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN