Mohon tunggu...
Desy Hani
Desy Hani Mohon Tunggu... Lainnya - Hi happy reading

Practice makes perfect

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Mengenal "Glossophobia", Ketakutan yang Menyerang Diri Ketika Akan Berbicara

12 Oktober 2021   19:12 Diperbarui: 14 Oktober 2021   07:15 1179 58 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Glossophobia, perasaan cemas dan gugup saat berbicara di depan orang banyak. | Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Glossophobia, salah satu ketakutan yang bisa datang menghampiri para penduduk bumi ketika akan berbicara di depan khalayak...

Semua makhluk hidup di muka bumi ini, terkhusus kaum manusia, pastinya akan mengeluarkan berbagai macam kata dari mulutnya ketika akan berbicara. 

Salah satu kegiatan yang paling dominan kaitannya dengan berbicara, selain dari dua orang yang sedang melakukan perbincangan adalah dengan berbicara di depan umum. Kegiatan yang satu ini nyatanya sudah sering dilakukan. 

Di dalam lingkaran pendidikan, ketika memasuki sekolah dasar, kamu sudah dilatih untuk berbicara di depan umum meskipun dalam lingkup ruang kelas, mulai dari memperkenalkan diri, bernyanyi, bahkan membacakan sebuah cerita di depan kelasmu. 

Dan ketika kamu memasuki lingkaran sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga menyentuh pendidikan di bangku perkuliahan, kegiatan berbicara di depan umum pun sudah menjadi makanan sehari-hari. 

Semua itu dibalut dalam kegiatan presentasi setiap mata pelajaran ataupun mata kuliah, meskipun ruang lingkup yang disajikan masih sebatas pada lingkungan sekolah ataupun kampus. Dimana semua kegiatan tersebut telah melatihmu untuk berbicara didepan umum. 

Ketika berbicara di depan umum, gaya berbicara yang ditampilkan oleh setiap orang tentunya akan berbeda satu dan lainnya. Bisa dikatakan, semuanya tidak akan sama. 

Ilustrasi glossophobia | sumber: psycom.net
Ilustrasi glossophobia | sumber: psycom.net

Ada yang sangat piawai dalam memainkan kata demi kata yang dikeluarkan dari mulutnya dan ada pula yang takut mengeluarkan kata tersebut ketika akan berbicara di depan umum dan ini dikenal dengan istilah glossophobia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan