Bahasa

Alkisah Sejarah Panjang Peradaban Manusia

30 September 2018   22:48 Diperbarui: 30 September 2018   23:12 151 0 0

Komunikasi internasional adalah aktivitas membagi pengetahuan, ide dan kepercayaan diantara masyarakat dunia untuk memecahkan konflik yang ada dan untuk memperoleh dukungan yang lebih luas. Tujuan lain dari komunikasi internasional adalah untuk perdagangan internasional.

Ada 3 sudut pandang komunikasi internasional, antara lain diplomatik, jurnalistik dan propagandistik. Diplomatik biasa dilakukan secara interpersonal antara pejabat negara untuk memperluas pengaruh. Jurnalistik biasa dilakukan melalui siaran media masa seperti press release, reportase, dll. Sedangkan propangandistik untuk menanamkan gagasan kedalam benak negara lain agar dapat mempengaruhi pemikiran, perasaan. Biasanya di aplikasikan pada buku, film, diskusi, pameran, dll.

Komunikasi selalu penting untuk pembentukan dan pemeliharaan kekuasaan atas jarak. Komunikasi mempunyai andil besar dalam sejarah kehidupan manusia, terutama dalam bidang sosial. Bisa kita semua ketahui, bahwa di dalam peradaban manusia komunikasi mempunyai sejarah yang amat panjang. 

Mulai dari yang kita hanya berkomunikasi antar suku hingga saat ini kita sudah bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di ujung benua sekalipun dengan lebih majunya sistem komunikasi kita saat ini. Sebelum manusia bisa berkomunikasi seperti sekarang ini, dahulu kala peradaban manusia hanya bertukar informasi melalui goresan pada batu untuk bertukar informasi. 

Hingga akhirnya mulai muncul beberapa kode atau sandi yang telah disepakai untuk menjadi menjadi sebuah informasi. Setelah melalui zaman batu, manusia mengenal telegraf sebagai sarani komunikasi jarak jauh yang lebih efisien dari zaman sebelumnya. 

Kemudian telegraf muncul pada tahun 1809 yang merupakan sebuah mesin atau alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh, biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Telegraf memungkinkan transmisi informasi informasi yang cepat serta memastikan kerahasiaan perlindungan kode yang dikirim.

Dunia semakin berlari kencang, hingga akhirnya tahun 1851 resmi didirikan Reuters. Reuters adalah perusahaan publik yang bertempat di London yang merupakan kantor berita tertua dan terbesat di dunia. Reuters memiliki 3100 pelanggan di 79 negara dan 1100 orang wartawan, fotografer dan juru kamera. Informasi yang bisa di sebarkan Reuters melalui 145.000 terminal dan teleprinter yang langsung dihubungkan dengan komputer kliennya. Layanan untuk media pemberitaan meliputi berita olahraga, ekonomi, umum hingga foto berita. 

Seperti halnya teknologi baru lainnya, negara-negara barat adalah yang pertama memahami implikasi strategis radio pertama suara manusia pada tahun 1902. Siaran radio gelombang pendek pertama di dunia yaitu dikirim dari Moskow pada tahun 1925. Jika radio dikembangkan dan di kendalikan dengan baik, radio dapat digunakan untuk melemahkan keuntungan besar dari sambungan kabel internasional yang di dominasi Inggris. 

Dalam waktu 5 tahun radio Allunion secara teratur menyiarkan propaganda komunis pada Jerman, Perancis, Belanda dan Inggris. Radio Amerika biasanya menyiarkan iklan dan propaganda sedangkan radio Inggris hanya menyiarkan propaganda.

Dalam hal tersebut, peran komunikasi antar negara menjadi sangat penting dalam komunikasiinternasional karena selain bisa bertukar informasi dengan negara lain bisa juga digunakan sebagai kerjasama antar negara. Dimana setiap negara mendambakan kemajuan dalam segala bidang untuk kemajuan negara tersebut. Dalam sejarah peradaban manusia, selain membuka jalan dengan negara lain lewat komunikasi manusia juga membuka jendela dunia lewat perdagangan internasional. 

Selain mereka menukar barang dagangan mereka, mereka pun saling bertukat kebudayaan dan bahasa masing-masing. Muncullah istilah jalur sultra yang dimana jalur tersebut membuka sekat antara negara satu dengan negara lain lewat perdagangan.