Mohon tunggu...
desi angraini
desi angraini Mohon Tunggu... mahasiswa akuntansi

Universitas Muhammadiyah Riau

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Di Pekanbaru Ada Bakso Pantai Cuy!

7 November 2019   21:19 Diperbarui: 7 November 2019   21:33 0 3 1 Mohon Tunggu...

Siapa sih yang gak kenal dengan bakso ?

Bakso merupakan makanan yang enak dan murah meriah. Dengan budget 10.000an kita sudah bisa menikmati makanan khas Indonesia yang satu ini. Kehadiran makanan ini biasanya identik dengan milik pedagang kaki lima yang penjualnya akrab disebut Pakde/Bukde.

Di Pekanbaru banyak  sekali tempat jualan bakso, dari tempat-tempat bagus di dalam Mall dengan harga yang tinggi, hingga bakso yang dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan tempat seadanya dan harga yang sangat terjangkau. Tentunya bakso enak dengan harga terjangkau dan tempat yang nyaman serta unik/kekinian menjadi pilihan utama bagi para penikmat bakso. Salah satu tempat yang unik untuk menikmati bakso adalah di depan Mall SKA.

Bakso disini terkenal dengan sebutan bakso pantai. Mengapa disebut bakso pantai, karena ada yang unik jika menikmati bakso disini. Para pengunjung biasanya menggunakan bangku sebagai meja. Bangku plastik dengan beragam warna tersebut kerap terlihat bakso diatasnya. Suasana yang menawarkan angin dan keriuhan arus lalu lintas membuat kita merasa sedang berada di pantai. Jadi jika anda kesana, jangan heran jika anda menemukan bangku yang tidak digunakan untuk duduk, melainkan dijadikan meja makan.

Untuk harga, tentunya disini sangat bersahabat, semangkuk bakso seharga Rp 10.000 saja. Selain bakso, berjejer pedagang kaki lima di sini juga menyediakan beragam santapan malam lainnya, seperti sate, mie ayam, lotek, siomay dengan harga terjangkau. Dan juga ada yang  menjual minuman segar, es tebu, jus, dll.

Belasan pedagang disini mulai menjajakan dagangannya pada waktu sore hingga malam hari. Hampir setiap malam trotoar depan SKA tersebut penuh dengan pengunjung. Karena banyak diminati, bakso milik pedagang kaki lima yang akrab disebut Pakde tersebut bisa meraup jutaan rupiah setiap malamnya.

Pengunjung disini didominasi oleh karyawan yang bekerja di Mall SKA, hal tersebut terlihat dari baju yang mereka gunakan. Banyak dari mereka berprofesi sebagai SPG, Sales, dan penjaga toko. Tak heran memang, tentunya bagi karyawan makan malam dengan budget minim adalah pilihan utama. Selain karena masalah harga, rasa bakso disini tidak perlu diragukan lagi.  

Terlihat juga dari beberapa pengunjung di sini adalah para pengunjung Mall SKA yang sekalian mencari makan malam, dan mahasiswa Universitas Muhammdiyah Riau yang kampusnya persis di sebelah Mall SKA. Mereka kompak duduk berjejer di trotoar, bahkan ada juga yang duduk bersila. Suasana akrab dan saling sapa kerap menghiasi. Walau berada dipinggir jalan, namun pengunjung bisa merasakan kenyamanan.

(Penulis : Desi Angraini Dasopang -- Mahasiswa Akuntansi -- FEB -- UMRI)