Mohon tunggu...
Desiana Nur Hidayati
Desiana Nur Hidayati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru yang ingin terus berkarya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inovasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dalam Pembelajaran Sejarah

11 Februari 2024   21:27 Diperbarui: 11 Februari 2024   21:47 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelajaran Sejarah bagi sebagian orang merupakan pembelajaran yang membosankan karena hanya mempelajari nama, tahun, dan tempat pada suatu peristiwa Sejarah. Tugas guru Sejarah saat ini adalah merubah mindset tersebut dan menjadikan belajar Sejarah sebagai seuatu hal yang menyenangkan. Ketika peserta didik senang untuk belajar sejarah maka tujuan pembelajaranpun akan dengan mudah dicapai. Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat serta kreatif dan inovatif akan menarik perhatian peserta didik. Sehingga peserta didik mau terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

Menurut Mutawally (2021) Model Pembelajaran Project Based Learning merupakan suatu pembelajaran berbasis proyek yang digunakan untuk mengasah keterampilan siswa dalam memecahkan suatu masalah tertentu. Model PJBL merupakan salah satu model pembelajaran yang sering digunakan oleh guru. Model ini menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada pembelajaran Sejarah materi Kerajaan Kutai dan Kerajaan Tarumanegara Guru menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) peserta didik ditugaskan untunk mengerjakan sebuah proyek dengan hasil produk berupa media pembelajaran berupa poster dan infografis berbasis aplikasi canva Fitur-fitur yang tersaji dalam aplikasi canva yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seperti fitur poster digital, infografis, hingga media presentasi yang dapat dijadikan sebagai video pembelajaran sejarah. Kelengkapan fitur yang diberikan oleh canva telah memudahkan guru dalam menyiapkan materi pembelajaran yang inovatif dan memiliki nilai edukasi tinggi (Ruslan, Ahmad. 2023). Kelebihan aplikasi canva dalam pembelajaran adalah adalah : 1) Memiliki beragam desain yang menarik. 2) Mampu meningkatkan kreativitas guru dan peserta didik dalam mendesain media pembelajaran. 3) Menghemat waktu dalam media pembelajaran secara praktis 4) Dalam mendasain tidak harus menggunakan laptop, peserta didik bisa menggunakan gadget.

Penggunaan aplikasi canva dalam diharapkan efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Hal ini dapat dibuktikan dengan  antusiasme dalam mengerjakan proyek. Seluruh didik terlibat aktif dalam proses diskusi kelompok, masing-masing peserta didik membaca sumber-sumber belajar, kemudian mendiskusikannya dalam kelompok dan menyimpulkan suatu konsep. Hasil dari diskusi dituangkan kedalam proyek poster dan infografis berbasis aplikasi canva. Setelah proyek selesai dikerjakan peserta didik mempresentasikan hasil proyek tersebut, kelompok lain saling mengamati dan menanggapi.

DAFTAR FUSTAKA

Mutawali, Anwar Firdaus: 2021. Pengembangan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Ruslan Ahmad, Sugiono, Andi, Oky Firlana, Gery Erlangga.(2023). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di Abad 21. Refleksi Edukatoika. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 13 No 2 Desember 2023.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun