Mohon tunggu...
DEVITASARI RSA
DEVITASARI RSA Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Suka-Suka

Menulis merupakan salah satu cara untuk meluapkan perasaan dan pikiran serta hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Contoh model permainan dalam pelajaran PPKN SD

4 November 2014   19:39 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:42 657
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ketika saya masih berkuliah di Universitas Negeri Malang, di program studi S-1 PGSD, dosen saya memberika tugas membuat model permainan dalam pelajaran, dan ini hasilnya.
MODEL GAMES – MONOPOLI PENGETAHUAN
Kompetensi Dasar
Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK dll.
Target Nilai
1.Rasa ingin tahu
2.Semangat kebangsaan
3.Jujur
4.Kerja keras
5.Kreatif
Tujuan
Siswa dapat mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK dll
Materi
Macam-macam lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat
Sifat Permainan
Kelompok
Durasi Permainan
15 menit
Alat dan bahan
1.Kertas karton
2.Spidol
3.Penggaris
4.Dua buah dadu
5.Kertas note kecil
6.Benda untuk ditaruh di papan monopoli
Langkah-langkah membuat papan monopoli (untuk guru)
1.Buatlah papan monopoli dari kertas karton, garisi seperti di monopoli aslinya.
2.Tulisi dalam setiap kotak nama-nama lembaga pemerintahan pusat.
3.Buatlah semacam pengetahuan singkat pada kertas note.
Langkah-langkah permainan
1.Guru membuat kelompok anak 3 siswa.
2.Dari 3 siswa tersebut, 2 siswa menjadi pemain dan 1 siswa menjadi bank (pemegang kertas pengetahuan).
3.Mulailah permainan dengan cara melempar dadu, setiap kali berhenti di sebuah lembaga, bank akan memberikan satu kertas pengetahuan.
4.Sebagai ice breaking, guru juga harus membuat jebakan-jebakan pada papan monopoli sehingga siswa bisa tetap menikmati dengan asyik.
5.Siswa yang berhasil mengumpulkan kertas pengetahuan lebih banyak, dialah pemenangnya.
6.Setelah permainan usai, guru melakukan diskusi terpimpin untuk mengasah pengetahuan siswa dan mengarahkan menuju ke konsep/materi berdasarkan kertas pengetahuan yang telah didapatkan dari permainan monopoli.
7.Di akhir pembelajaran, guru dan siswa menyimpulkan konsep/materi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun