denny suryadharma
denny suryadharma

lahir di bandung, suka dengan dunia buku dan menulis lepas.

Selanjutnya

Tutup

Regional Pilihan

Perburuan Tiket Kereta Api untuk Lebaran Dimulai

13 Maret 2018   23:22 Diperbarui: 13 Maret 2018   23:48 304 0 0
Perburuan Tiket Kereta Api untuk Lebaran Dimulai
Foto: Tribunnews.com

Meski ramadhan masih beberapa bulan ke depan, dan lebaran pun masih cukup jauh namun demi untuk bisa mudik lebaran di tahun ini, jauh jauh hari aku sudah pasang mata dan telinga untuk berburu tiket kereta agar bisa mudik dan bersilaturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman dengan tepat waktu.

Aku yang sudah beberapa kali lebaran ini mudik lebaran dengan kereta api, menjadi ketagihan. Apa sebab? Karena aku menilai moda transportasi ini relative lebih bisa tepat waktu jika dibandingkan dengan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. 

Apalagi pada moment mudik lebaran, jalanan selalu diwarnai dengan kemacetan panjang hingga berkilo kilo meter. Meski sudah ada upaya dari pemerintah namun perjalanan mudik lebaran selalu memiliki keunikan tersendiri dimana pada saat bersamaan, ribuan bahkan jutaan manusia bergerak dari satu titik ke titik lainnya secara massif dan bergelombang.

Berburu Tiket Kereta

Meski setiap tahun PT Kereta Api selalu menambah jumlah kapasitas tempat duduk selama masa angkutan lebaran, namun jumlah penumpangpun selalu bertambah. Seperti aku ini, mulai mudik berdua dengan istri, lalu bertambah menjadi tiga dan saat ini berlima bersama anak anak untuk berlebaran di kampung halaman.

Informasi yang diperoleh dari Manager Humas PT Kerata Api Indonesia (persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus, untuk masa angkutan lebaran 2018, di Daop 2 menyediakan 61.764 seat per harinya. Dimana jumlah tersebut sudah termasuk seat untuk 4 KA tambahan yaitu KA Pasundan Lebaran, KA Lodaya Pagi Lebaran, dan KA Lodaya Malam Lebaran.

"Untuk pemesanan tiket masa angkutan lebaran sudah mulai dilayani H-90, atau sejak tanggal 7 Maret hingga 24 Maret 2018" ungkap Joni.

Weh, jadi sudah bisa dipesan toh tiket ka lebarannya. Meski belum musim gajian, apalagi THR, tapi kesempatan ini bisa dipergunakan sebaik baiknya biar tidak kehabisan. Akhirnya, tabungan yang ada harus direlakan terlebih dahulu untuk membeli 6 tiket KA tujuan Statsiun Jogya agar bisa berlebaran dengan keluarga besar di bilangan pojok benteng wetan Yogyakarta.

Sejumlah fasilitas pemesanan pun kini ditawarkan oleh pihak PT KAI kepada calon penumpangnya, salah satunya adalah aplikasi KAI Acces. Karena penasaran, akupun bertanya lebih jauh tentang fasilitas ini, dan kelebihannya dengan cara cara pembelian tiket lainnya seperti melalui contak center 121, gerai minimarket ataupun melalui website kai.id

Sambil di temani suguhan makanan khas Palembang buah tangan dari Abang Agung yang selalu murah senyum, bang joni menjelaskan bahwa dengan KAI Acces salah satunya adalah fasilitas khusus E-Boarding, sehingga tidak perlu lagi mencetak tiket boarding pass.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

"Cukup menunjukan e-boarding di layar smartphone kepada petugas bording yang kemudian akan di scan sehingga muncul di layar computer. Penumpang cukup memperlihatkan identitas tanpa harus mencetak tiket boarding pas lagi" terangnya.

Oh, oke berarti berkurang satu kerepotan saat nanti mudik lebaran, karena pengalaman lebaran tahun lalu sempet kerepotan untuk mencetak tiket boarding pas karena antriannya cukup panjang.

Jadi, tidak ada salahnya untuk "berburu" tiket ka lebaran ini jauh jauh hari sebelumnya, biar nyaman dan lancar. Meski ada kereta tambahan yang di operasikan dimana pemesanan tiket mulai dioperasikan pada 4 Juni 2018 dengan pemesanan tiket mulai H-60 tentunya tidak ada salahnya untuk mengantisipasi dan mempersiapkan diri jauh jauh hari untuk persiapan mudik lebaran kali ini.

Jadi, memang tradisi mudik lebaran dan segala pernak perniknya selalu menjadi sesuatu hal yang unik dan istimewa, seunik sejarah tradisi mudik itu sendiri yang sudah ada sejak jaman kuda gigit besi hingga jaman kuda besi saat ini.