Mohon tunggu...
Deni Mildan
Deni Mildan Mohon Tunggu... Lainnya - Geologist

Geologist | Open Source Software Enthusiast | Menulis yang ringan-ringan saja. Sesekali membahas topik serius seputar ilmu kebumian | deni.mildan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Idul Adha Kala Pandemi, Hewan Kurban Sepi Pembeli

22 Juli 2021   08:55 Diperbarui: 22 Juli 2021   10:40 141 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Idul Adha Kala Pandemi, Hewan Kurban Sepi Pembeli
Sumber: finance.detik.com

Tahun ini merupakan kedua kalinya Idul Adha berlangsung dalam kondisi pandemi. Tentunya ada kesan berbeda yang dirasakan umat muslim Indonesia.

Terlebih hingga hari ini masih berlaku PPKM Darurat, khususnya daerah Jawa dan Bali. Berbagai macam peraturan diterapkan untuk membatasi mobilitas masyarakat dalam rangka pencegahan kasus COVID-19 yang hingga kini belum juga mereda.

Penerapan ketentuan PPKM Darurat ini rupanya tidak hanya membatasi ruang gerak beribadah. Kegiatan usaha masyarakat pun terkena dampak yang cukup signifikan. Tak terkecuali kegiatan jual beli hewan kurban.

Keluhan datang dari para penjual hewan kurban yang rutin bertransaksi setiap tahun. Mereka merasa Idul Adha kali ini jauh lebih sepi, bahkan dibandingkan Idul Adha tahun lalu yang sama-sama dalam kondisi pandemi. Hewan kurban yang dijajakan tidak sepadan dengan transaksi pembelian yang dilakukan.

Salah seorang pedagang hewan kurban asal Depok, mengaku penjualan hewan kurbannya menurun drastis. Mungkin bisa dikatakan yang paling rendah selama sepuluh tahun terakhir.

Jika biasanya ia bisa menjajakan 800 lebih hewan kurban setiap menjelang Idul Adha, kini ia hanya bisanya menyediakan 200-an hewan kurban. Itupun masih menyisakan 43 ekor kambing dan 7 ekor sapi hingga H-1 Idul Adha.

Omset yang ia peroleh jatuh terjerembab. Tidak sampai 50 persen dari omset biasanya.

Fenomena sepi pembeli hewan kurban ini tidak hanya terjadi di kota besar, tetapi juga di daerah. Di Kuningan saja, yang berada di pinggiran Jawa Barat.

Para penjual hewan kurban harus rela bersabar menunggu pembali datang. Jika biasanya sepekan menjelang Idul Adha hewan kurban sudah hampir habis dipesan, kini lebih dari setengahnya masih belum memiliki calon pembeli.

Apa yang menyebabkan penjualan hewan kurban sepi?

Pertama, PPKM Darurat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan