Mohon tunggu...
Deni Mildan
Deni Mildan Mohon Tunggu... Lainnya - Geologist

Geologist | Open Source Software Enthusiast | Menulis yang ringan-ringan saja. Sesekali membahas topik serius seputar ilmu kebumian | deni.mildan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Laptop Jadul Anti Lemot Pakai Linux

23 Juni 2021   10:22 Diperbarui: 25 Juni 2021   14:32 333 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Laptop Jadul Anti Lemot Pakai Linux
Menghidupkan kembali laptop jadul dengan linux (Sumber: https://www.expressvpn.com)

Ada yang masih punya laptop jadul?

Sebagian kita mungkin masih memiliki laptop yang umurnya sudah tidak muda lagi. Usianya mungkin sudah 5 tahun, atau mungkin lebih. Pokoknya teknologinya sudah jauh tertinggal dibandingkan keluaran terkini.

Berbagai alasan melatarbelakangi tersimpannya laptop jadul. Ada yang memang cuma itu laptop yang ia punya, belum punya budget untuk membeli laptop baru, atau mungkin berat meninggalkan laptop jadul karena jadi saksi bisu kenangan indah bersama mantan.

Meski masih berfungsi dengan cukup baik, dimana pun laptop jadul berada, ada satu kendala umum yang dihadapinya, lemot. Usia hardware yang kian bertambah diikuti perkembangan software dengan persyaratan sistem yang semakin tinggi membuat laptop jadul bak kura-kura di lomba lari kijang. 

Saya sendiri masih menyimpan laptop jadul keluaran 2008. Laptop lemot terasa sejak tahun 2013, hingga akhirnya saya benar-benar tidak tahan dan membeli laptop baru dengan spesifikasi lebih baik pada 2016 silam. Bayangkan, booting saja bisa memakan waktu hampir 5 menit.

Laptop jadul saya masukkan ke kandang, tersimpan rapi di rumah orang tua hingga sekarang. Masih berfungsi namun lemotnya bikin kesabaran cepat hilang.

Sebagian orang mungkin sudah membuang laptop jadulnya. Sudah tidak tahu lagi bagaimana menghadapi lemotnya perangkat lama tersebut.

Sudah berakhirkah hidup laptop jadul?

Eits, jangan biarkan laptop jadul kamu menganggur atau bahkan membuangnya. Laptop jadul ternyata masih tetap bisa berguna meski umurnya sudah lebih tua dari kucing di rumahmu. Salah satu caranya adalah dengan memasang Linux sebagai sistem operasinya.

Linux adalah sistem operasi keluarga UNIX yang menggunakan model pengembangan dan distribusi secara terbuka, biasa kita kenal dengan istilah open source. Linux dapat dikembangkan siapa saja dan didistribusikan secara gratis. Hal inilah yang menjadi daya tarik Linux.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN