Mohon tunggu...
Deni Corporation
Deni Corporation Mohon Tunggu... Deni Bagas Pradana

Fully hardworker and thinker, competence in finance and accounting

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Penguatan UKM Melalui Pelatihan Manajemen Usaha oleh Tim Dosen Manajemen UM

22 November 2020   20:33 Diperbarui: 22 November 2020   21:06 21 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penguatan UKM Melalui Pelatihan Manajemen Usaha oleh Tim Dosen Manajemen UM
kompasiana-3-5fba68a1d541df4ca46b6902.jpg

dokpri
dokpri
Pandemi COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan pandemi corona berpengaruh kepada segala bidang tidak terkecuali kinerja UKM. Menurunnya pendapatan masyarakat karena angka pengangguran semakin meningkat membuat daya beli masyarakat semakin menurun. Hal ini secara tidak langsung berdampak kepada permintaan barang-barang UKM. Kinerja UKM secara nasional ang menurun ini juga terjadi pada UKM di kabupaten Blitar, khususnya sentra UKM di desa Rejowinangun.

Melalui permasalahan diatas, tim dosen jurusan manajemen mengadakan kegiatan pelatihan bagi UKM di desa Rejowinangun. Afwan Hariri selaku ketua tim menuturkan bahwa kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap kegiatan meliputi survey wilayah, pengkajian awal (pengumpulan dan pengolahan data), perencanaan intervensi, implementasi, evaluasi dan rencana tindak lanjut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus kepada pengembangan UKM melalui metode pelatihan. Diharapkan melalui kegiatan pelatihan ini pengetahuan dan ketrampilan pelaku UKM bertambah khususnya terkait dengan manajemen usaha.

Secara terpisah, kepala desa Rejowinangun menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi tim dosen jurusan manajemen Universitas Negeri Malang melalui kegiatan pelatihan manajemen usaha bagi UKM. Tentunya kegiatan seperti sangat dinantikan oleh pelaku UKM dalam situasi ekonomi yang mengalami penurunan seperti saat ini. Diharapkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tidak berhenti pada pelatihan manajemen usaha akan tetapi bisa berlanjut kepada penyusunan rencana bisnis dan kegiatan bazar UKM secara bersama-sama

VIDEO PILIHAN