Mohon tunggu...
Dendy Maulana Septiyadi
Dendy Maulana Septiyadi Mohon Tunggu... Guru - SMK Lentera Bangsa 2

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Kemampuan Literasi di Kalangan Pelajar

24 Oktober 2023   20:25 Diperbarui: 24 Oktober 2023   20:34 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan inisiatif penting yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan memahami teks di kalangan pelajar. Literasi adalah keterampilan dasar yang penting untuk mencapai kesuksesan dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Melalui GLS, pendidik dan masyarakat bersama-sama bekerja keras untuk memastikan bahwa setiap anak memiliki akses terhadap pendidikan literasi yang berkualitas.

Di era digital ini, informasi tersedia dengan mudah dan cepat. Namun, tidak semua informasi tersebut valid dan dapat dipercaya. Oleh karena itu, penting bagi pelajar untuk memiliki keterampilan literasi digital yang baik untuk dapat memahami dan menganalisis informasi dari berbagai sumber online dengan bijak dan kritis.

Dalam era digital ini, kemampuan literasi tidak lagi terbatas pada keterampilan membaca buku fisik. Literasi digital juga menjadi keterampilan yang sangat penting, termasuk kemampuan memahami dan menganalisis informasi dari berbagai sumber online. Dengan memahami pentingnya literasi di era modern, GLS bertujuan untuk mengembangkan keterampilan literasi yang komprehensif, termasuk literasi digital, di kalangan pelajar.

GLS memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:

  • Meningkatkan Minat Membaca: Dengan menyediakan akses ke berbagai jenis buku dan materi bacaan menarik, GLS bertujuan untuk meningkatkan minat membaca di kalangan pelajar.
  • Meningkatkan Keterampilan Menulis: Melalui kegiatan menulis kreatif dan pemberian umpan balik konstruktif, GLS membantu pelajar mengembangkan keterampilan menulis yang baik.
  • Mengembangkan Literasi Digital: Pelajar diajarkan untuk memahami, menilai, dan menggunakan informasi dari berbagai platform digital dengan bijak dan kritis.
  • Mendorong Pemahaman Mendalam: GLS tidak hanya bertujuan untuk melatih keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga untuk mengembangkan pemahaman mendalam terhadap teks dan konteksnya.
  • Mengatasi Kesenjangan Literasi: GLS berfokus pada mengatasi kesenjangan literasi di kalangan pelajar yang berasal dari latar belakang sosial-ekonomi yang rendah atau memiliki kebutuhan khusus.

Implementasi GLS melibatkan kerjasama antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Program-program literasi yang interaktif dan menarik diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah. Selain itu, seminar, lokakarya, dan kegiatan sosial lainnya diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi. GLS dapat diimplementasikan melalui berbagai kegiatan, antara lain:

  • Kegiatan literasi kelas: Kegiatan ini dilakukan secara rutin di kelas, misalnya membaca buku bersama, berdiskusi tentang buku, dan menulis jurnal membaca.
  • Kegiatan literasi sekolah: Kegiatan ini dilakukan secara menyeluruh di sekolah, misalnya mengadakan perpustakaan sekolah, lomba literasi, dan festival literasi.
  • Kegiatan literasi masyarakat: Kegiatan ini dilakukan di luar sekolah, misalnya kerja bakti literasi, donasi buku, dan kampanye literasi.

Keberhasilan GLS dapat diukur melalui peningkatan hasil ujian membaca dan menulis, peningkatan minat membaca di kalangan pelajar, dan peningkatan kemampuan literasi digital. Selain itu, partisipasi orang tua dalam kegiatan literasi anak juga menjadi indikator penting dalam mengukur efektivitas gerakan ini. Keberhasilan GLS dapat diukur melalui berbagai indikator, antara lain:

  • Hasil ujian membaca dan menulis: Peningkatan hasil ujian membaca dan menulis menunjukkan bahwa pelajar memiliki keterampilan literasi yang baik.
  • Minat membaca: Peningkatan minat membaca menunjukkan bahwa pelajar lebih tertarik untuk membaca.
  • Kemampuan literasi digital: Peningkatan kemampuan literasi digital menunjukkan bahwa pelajar dapat memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber online dengan bijak dan kritis.
  • Partisipasi orang tua: Partisipasi orang tua dalam kegiatan literasi anak menunjukkan bahwa orang tua mendukung upaya peningkatan literasi anak.

GLS adalah langkah penting menuju masyarakat yang lebih berpendidikan dan terdidik. Dengan meningkatkan kemampuan literasi di kalangan pelajar, kita membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah dan memberdayakan generasi mendatang untuk mencapai potensi penuh mereka. Mari bersama-sama mendukung dan melibatkan diri dalam GLS demi masa depan yang lebih baik bagi semua anak-anak.

GLS merupakan gerakan penting yang dapat meningkatkan kemampuan literasi di kalangan pelajar. Dengan meningkatkan kemampuan literasi, pelajar akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari.

Sumber : https://www.dendyms.my.id/2023/10/gerakan-literasi-sekolah-meningkatkan.html

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun