Mohon tunggu...
Dendinar
Dendinar Mohon Tunggu... Aktivis yang hobi nulis.

Aktivis , Penulis dan Perasa.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Mahasiswa dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Kerakyatan

27 Juli 2019   13:42 Diperbarui: 27 Juli 2019   15:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Kerakyatan
Sumber Gambar : https://www.ui.ac.id/vokasi-ui-bina-16-umkm-sadar-keuangan/ 

Mahasiswa memiliki peran sebagai agent of change maupun agent of social control yang artinya tugas mulia yang harus di selesaikan oleh mahasiswa selain belajar adalah untuk mengentaskan masalah yang ada dalam masyarakat sesuai dengan tri dharma perguruang tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. Dalam menyelesaikan masalah ekonomi yang ada di Indonesia, masalah terbesar yang harus dihadapi Indonesia adalah kapitalisme yang telah melahirkan pengusaha-pengusaha yang tidak mau berbagi.Hal inilah yang mengakibatkan ketimpangan sosial di masyarakat. Banyak orang dengan harta berlimpah namun masih banyak penduduk di bawah garis kemiskinan.

Hal itu yang harus mahasiswa mulai sadari akan pentingnya sistem ekonomi kerakyatan. Penerapan ekonomi kerakyatan akan mewujudkan pembangunan Indonesia yang fokus pada usaha meningkatkan kesejahteraan rakyat, bukan hanya pertambahan pendapatan negara. Harapannya, penerapan ekonomi kerakyatan ini akan mengembalikan substansi ekonomi dengan karakter asli Indonesia.

Dalam ekonomi kerakyatan merupakan suatu pola pembangunan untuk menyelaraskan distribusi pendapatan dengan mendorong masyarakat menuju kesejahteraan. Hal ini dapat dilakukan mahasiswa untuk mebantu sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat yang terus mengalami kesenjangan pendapatan. Maka dengan adanya mahasiswa-mahasiswa melakukan aktivitas seperti nongkrong dan mengerjakan tugas di cafe atau memakai pakaian dengan brand lokal yang dimiliki masyarakat  dapat menjadikan jalan keluar bagi suatu negara memperkecil kesenjagan social karena perputarang uang akan sehat dan berputar bagi masyarakat-masyarakat kecil.

Dalam kegiatan usaha cafe-cafe ataupun tempat nongkrong yang dimiliki masarakat adalah kekuatan ekonomi rakyat ini secara umum disebut lebih dikenal sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dimana pengembangan ekonomi kerakyatan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam arti yang luas. Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tidak hanya berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, namun juga mempunyai posisi yang strategis dalam menyokong pembangunan ekonomi nasional. Usaha Mikro Kecil Menengah sebagai motor penggerak sistem ekonomi kerakyatan mampu mengurangi masalah kemiskinan dan pengangguran, selain itu UMKM juga berperan untuk pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) belakangan memiliki kontribusi yang sangat penting di dalam perekonomian Indonesia, hal ini dikarenakan sifat usaha UMKM yang lebih fleksibel dalam menghadapi dan beradaptasi dengan perubahan pasar. UMKM mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak dengan investasi yang kecil. Usaha-usaha UMKM akan lebih diuntungkan oleh pertumbuhan ekonomi suatu lingkungan, dimana pasar berfungsi secara efektif dalam menyediakan berbagai jasa yang memungkinkan pertumbuhan bisnis.

Pengalaman saya selaku mahasiswa dibandung melihat begitu banyaknya fenomena binis-bisnis UMKM yang ada disekitar kota bandung membuat saya sadar akan pentingnya ekonomi kerakyatan. Hal ini saya lihat dengan penyerapan tenaga kerja yang banyak dimulai dari proses produksi sampai proses pemasaran dilakukan oleh masyarakat sekitar. Perputaran uang akan merata di masyarakat dan tidak dikuasai oleh segelintir orang saja. Hal ini yang menjadikan masyrakat dapat bertahan ditengah arusnya kapitalisme.

Usaha seperti cafe dan tempat makan yang dimiliki masyarakat dibandung lebih popular disbanding franchise cafe-cafe terkenal yang dimiliki oleh orang asing. Dalam kasus cafe dibandung cafe 372 begitu populer dikalangan mahasiswa dibandingkan dengan starbcuks yang sudah terkenal seantero dunia. Dengan kualitas dan pelayanan yang baik UMKM tidak kalah menjanjikan dan menguntungkan. Maka dari itu kita selaku mahasiswa dalam aktifitas maupun pergaulan sehari-hari kita harus bangga terhadap produk-produk local yang mampu bersaing. Selain cafe banyak brand-brand baju yang terkenal dibanding brand luar negeri. Diantaranya ada RSCH, Eiger, Screamous dan masih banyak lagi brand local yang memiliki toko disepanjang trunojoyo.

Maka dari itu pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang ditunjang dengan UMKM akan berkembang apabila adanya kesadaran mahasiswa dalam menggunakan produk lokal dibandingkan produk luar negeri. Karena ketika kita bisa berbangga dengan produk lokal maka kita telah membantu perekonomian masyarakat.