Mohon tunggu...
Ikwan Setiawan
Ikwan Setiawan Mohon Tunggu... Dosen - Kelahiran Lamongan, 26 Juni 1978. Saat ini aktif melakukan penelitian dan pendampingan seni budaya selain mengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember

Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember dan peneliti di Matatimoer Institute Jember.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Keindahan dan Kesetiaan Air Terjun Antrokan Jember

18 November 2021   21:56 Diperbarui: 21 November 2021   11:42 741 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Air terjun Antrokan. Foto:Dokumentasi Pribadi

Pegunungan Hyang Argopuro yang membentang dari sisi barat, tengah, hingga utara Jember, selain memberikan tanah yang sangat subur, juga menjadikan beberapa wilayah kecamatan di kabupaten ini memiliki air terjun yang cukup indah. Salah satunya adalah Antrokan di Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul. 

Kalau bepergian dari arah Surabaya melewati jalur Lumajang, sebelum memasuki kota Jember, dari arah barat, kita akan berjumpa dengan kota kecil bernama Tanggul. Menuju arah utara, Desa Manggisan berjarak sekira 7 - 8 km dari kota Tanggul. Untuk sampai ke lokasi air terjun, sebenarnya kita bisa menggunakan mobil. Namun, kondisi jalan yang sebagian makadam, menjadikan opsi naik kendaraan roda dua lebih masuk akal. Kalaupun harus memakai mobil, lebih baik jenis jeep. 

Untuk sampai ke Antrokan, kita harus memarkir sepeda motor di dusun terakhir. Warga dusun menjadikan pekarangan mereka sebagai tempat parkir pengunjung.

Lalu, kita harus berjalan kaki sekira sepuluh menit, melewati jalan setapak di sisi kanan sungai. Kita juga akan menikmati hamparan perkebunan kopi di lereng perbukitan, rumpun bambu, dan pohon sengon laut.

Karena tidak ada fasilitas penyebarangan, kita harus menyeberang sungai dengan hati-hati karena banyak bebatuan. Kita perlu menyeberang untuk bisa melewati jalan setapak di sisi kiri sungai. Jalan itulah yang akan mengantarkan kita ke Antrokan yang dari kejauan tampak "awe-awe" (memanggil) para pengunjung. 

Mendekati air terjun, pengunjung bisa memanfaatkan beberapa spot untuk berfoto, baik foto selfie atau bersama. Antrokan yang perkasa dengan air yang cukup deras, menjadi background yang cukup indah. Meskipun demikian, prinsip kehati-hatian harus dikedepankan. 

Salah satu spot untuk berfoto. Foto: Dokumentasi Pribadi
Salah satu spot untuk berfoto. Foto: Dokumentasi Pribadi
Selain itu, kita juga bisa menghayati keindahan Antrokan dengan duduk di atas beberapa batu besar atau pinggir sungai. Kita bisa membiarkan pikiran, batin, dan imajinasi mencumbu jutaan butir lembut air yang berterbangan dihempas angin dari atas perbukitan. Kalau beruntung, kita juga akan bisa menikmati pelangi di depan air terjun. 

Menurut saya, duduk di atas batu atau di pinggir sungai sambil menatap Antrokan merupakan salah satu cara untuk merasakan pengalaman spiritual yang bisa menghadirkan kedamaian, ketenangan, dan keseimbangan dalam memahami relasi manusia-alam. Pegunungan Hyang Argopuro dengan begitu setia melimpahkan air yang memberikan banyak manfaat untuk warga Tanggul dan sekitarnya serta menghadirkan keindahan surgawi melalui Antrokan. 

Kesetiaan alam adalah kesetiaan tanpa batas, kecuali manusia sendiri yang akan menjadikannya terbatas ketika mereka merusak lingkungan di atas Antrokan yang menjadikan sumber airnya berhenti mengalir. Selama manusia tidak melakukan tindakan destruktif, maka Hyang Argopuro dan Antrokan akan selalu memelihara kesetiaan dan membahagiakan manusia.

Selain menikmati dari atas bebatuan, kita juga bisa mendekati Antrogan, sampai di depannya. Kita harus melewati beberapa batu besar dan berjalan di bebatuan sungai yang agak licin. Sekali lagi, kehatian-hatian menjadi kata kunci. Meskipun demikian, semua lelah akan berganti bahagia ketika kita bisa menyampai titik terdekat dengan air terjun. 

Di bagian bawah air terjun, kita akan menemukan sungai yang mirip kolam yang lumayan luas. Namun, sebaiknya kita tidak perlu mandi di bawah air terjun karena airnya yang cukup deras dan menurut informasi warga terdapat pusaran bawah air. Kalaupun ingin mandi lebih baik di bagian pinggir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan