Mohon tunggu...
Dejay
Dejay Mohon Tunggu... Blogger

My blog: masdejay.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda bagi Tubuh

22 November 2019   16:12 Diperbarui: 24 November 2019   10:07 88 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda bagi Tubuh
Sumber: kumparan.com

Minuman bersoda memang sangat nikmat jika di minum ketika siang hari atau cuaca sedang terik. Minuman bersoda mampu membuat tenggorokan jadi lebih segar. Hal itulah yang membuat minuman bersoda menjadi favorti banyak orang.

Sehingga minuman bersoda seringkali di konsumsi bahkan ada yang mengonsumsinya setiap hari. Tetapi, ada beberapa bahaya yang akan menyerang tubuh jika minuman bersoda rutin di konsumsi.

Sayangnya hal seperti itu belum di ketahui oleh banyak orang. Maka dari itu saya akan mengajak sobat kompasiana untuk mengetahui tentang bahaya mengonsumsi minuman bersoda secara rutin. Informasi ini saya kutip dari Masdejay.com.

Lalu, apa saja bahaya tersebut? Simak sampai selesai.

1. Diabetes

Jika kamu rutin mengonsumsi minuman bersoda, maka kamu bisa saja terkena diabetes. Mengapa demikian? Sebab minuman bersoda mempunyai kandungan gula yang tinggi. Kandungan gula yang tinggi memang tidak baik bagi tubuh kita. Maka dari itu, Selagi kamu masih sehat-sehat saja, kurangilah konsumsi minuman bersoda ya. Supaya kamu tidak terkena penyakit diabetes yang mematikan.

2. Gigi Rusak

Minuman bersoda dapat merusak gigi karena mempunyai kandungan karbonasi yang dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi. Fruktosa dan glukosa yang ada pada minuman bersoda dapat membuat gigi kamu bolong. Oleh karena itu kurangilah konsumsi minuman bersoda agar gigi kamu tetap terjaga kesehatannya.

3. Obesitas

Minuman bersoda bisa menyebabkan obesitas. Hal itu di karenakan minuman bersoda mempunyai kandungan gula yang tinggi. Selain itu, kalori yang ada pada minuman bersoda terbilang tinggi dan bisa menyebabkan obesitas. Kalau kamu masih rutin mengonsumsi minuman bersoda, maka bisa saja berat badan kamu akan naik dengan cepat dan terjadilah obesitas.

4. Osteoporosis

Jika kamu rutin mengonsumsi minuman bersoda, maka kamu bisa saja terkena penyakit osteoporosis. Hal itu karena minuman bersoda mempunyai kandungan asam fosfat dan kafein yang dapat mengurangi penyerapan kalsium tulang. Kemudian, kondisi itu bisa menyebabkan osteporosis.

5. Penyakit Lambung

Minuman bersoda bisa menyebabkan kamu terkena penyakit lambung. Apalagi jika kamu sering mengonsumsi minuman soda. Hal itu di sebabkan karena minuman bersoda mempunyai kandungan gas ekstra yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan di bagian perut. Lalu, perut kamu akan terasa panas dan terjadilah muntah-muntah.

Itulah beberapa bahaya dari mengonsumsi minuman bersoda secara rutin. Oleh karena itu, jika kamu masih sering mengonsumsi minuman bersoda, mulai dari sekarang kurangilah konsumsi tersebut ya. Karena memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh kamu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x