Mohon tunggu...
Deisty Elvinta
Deisty Elvinta Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Trip

Best Practise

19 Agustus 2023   13:48 Diperbarui: 19 Agustus 2023   13:59 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning

Best Practice 

Oleh : Deisty Elvinta,S.Pd

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 05 Delta Pawan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning.

Slameto (2015, hlm. 180) dalam bukunya menyebutkan pengertian minat belajar ialah, "salah satu bentuk keaktifan seseorang yang mendorong untuk melakukan serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dalam lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotorik".

Hansen (dalam Susanto, 2013, hlm.57) menyatakan bahwa, "minat belajar siswa erat hubugannya dengan kepribadian, motivasi, ekspresi dan konsep diri atau identifikasi, factor keturunan dan pengaruh eksternal atau lingkungn".

Berdasarkan pengertian para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah dorongan dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang dapat membuatnya tertarik dan senang.

Pembelajaran aktif adalah metode atau strategi belajar yang melibatkan siswa secara langsung dalam berinteraksi, menyelidiki, menyelesaikan masalah dan menyimpulkan pemahaman diri. Melalui pembelajaran aktif, guru akan mengondisikan siswa untuk selalu mengalami pengalaman belajar yang lebih bermakna dan senantiasa berpikir tentang apa yang dilakukan selama proses pembelajaran. Ketika siswa belajar dengan aktif, berarti siswa mendominasi aktivitas pembelajaran. Siswa secara aktif menggunakan otak mereka baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan atau mengaplikasikan apa yang siswa pelajari ke dalam suatu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Pembelajaran aktif merupakan usaha untuk memperkuat dan memperlancar respons peserta didik dalam pembelajaran. Melalui pembelajaran aktif proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan dan tidak menjadi hal yang membosankan.

Namun, pada kenyataannya hal tersebut masih sulit untuk dilaksanakan oleh guru. Proses pembelajaran yang dilakukan guru dinilai kurang efektif dalam mengembangkan minat, bakat, dan potensi yang ada di dalam diri peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan berinovasi menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam kegiatan pembelajaran.

Problem Based Learning (PBL) merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menghadapkan siswa pada permasalahan nyata pada kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri dalam memecahakan masalah dan mengupayakan berbagai macam solusinya, mendorong siswa untuk berpikir kreatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun