Mohon tunggu...
Dian Kusumawardani
Dian Kusumawardani Mohon Tunggu... Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Home Educator Omah Rame, Pengajar di BKB Nurul Fikri, Konselor Laktasi, Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Zakat Online Itu Mudah, tapi Apakah Berkah?

6 Mei 2021   09:42 Diperbarui: 6 Mei 2021   09:49 414 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Zakat Online Itu Mudah, tapi Apakah Berkah?
Zakat Online | Olahan Pribadi

Kemajuan teknologi digital semakin memudahkan kita dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Apalagi di tengah pandemi Corona COVID-19 ini. Dimana kita disarankan untuk lebih memilih melakukan kegiatan secara daring atau online guna menghindari penularan virus COVID-19. Sejak pandemi, hampir semua aktivitas kita lakukan secara online. Mulai dari bekerja, belajar, berbelanja hingga membayar semua tagihan dan kewajiban, termasuk zakat.

Banyak sekali platform yang bisa kita pilih untuk membayar zakat secara online. Semuanya menawarkan kemudahan dalam pembayarannya. Namun, apakah membayar zakat online itu diperbolehkan? Bagaimana hukum membayar zakat secara online?

Zakat di Bulan Ramadan

Banyak sekali ibadah yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan ini. Mulai dari puasa, shalat tarawih hingga membayar zakat fitrah.

Ya, menjelang berakhirnya Ramadan, kewajiban membayar zakat fitrah harus segera dilaksanakan.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan saat bulan Ramadan. Zakat fitrah menjadi amalan yang dilaksanakan sebelum melakukan shalat Idul Fitri.

Zakat fitrah ini dibayarkan maksimal sebelum salat Idul Fitri. Ketentuan zakat fitrah tersebut didasarkan pada hadis Rasulullah SAW :

Artinya: "Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha' kurma atau gandum atas oaring muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wamita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) 'Idul Fitri" (HR Bukhari dan Muslim).

Mengapa umat muslim wajib membayar zakat fitrah di bulan Ramadan ini? Selain karena perintah, banyak juga keutamaan yang diperoleh jika kita membayar zakat fitrah ini, antara lain :

Membersihkan diri dan menyenpurnakan puasa

Berbagi terhadap sesama muslim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN