Mohon tunggu...
Dedy Padang
Dedy Padang Mohon Tunggu... Petani - Orang Biasa

Sedang berjuang menjadikan kegiatan menulis sebagai sarana yang sangat baik untuk menenangkan diri dan tidak tertutup kemungkinan orang lain pula.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Memberikan Fee Tambahan Itu Menjamin Pelayanan dan Menambah Keakraban

3 September 2021   10:36 Diperbarui: 3 September 2021   10:38 166 22 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar diambil dari cendananews.com

Setiap awal bulan, saya pergi ke tukang pangkas. Saya sudah memiliki tukang pangkas kepercayaan saya. Bagi saya, memangkas rambut itu merupakan urusan yang penting, untuk menjamin kerapian dan pastinya ketampanan. 

Karena itu, setiap kali telah menemukan tempat pangkas yang sesuai dengan keinginan hati, maka selamanya saya akan mempercayakan potongan rambut saya kepada mereka.

Kebiasaan saya setiap kali selesai dipangkas adalah memberi fee tambahan kepada mereka. Memang tidak begitu besar, bahkan setengah dari harga yang wajib dibayar pun tidak sampai. Namun fee tambahan itu membuat relasi di antara kami terjaga dengan baik.

Sejak awal penugasan saya di Pulau Nias, saya memangkas rambut di tempat yang sama. Tempat pangkas itu adalah hasil rekomendasi dari para saudara yang satu komunitas dengan saya. Dan karena langsung merasa cocok dengan pelayanan yang mereka berikan, maka saya tidak pernah berpaling ke tempat pangkas yang lain.

Meskipun merupakan rekomendasi dari para saudara sekomunitas, namun memberikan fee tambahan setiap kali selesai dipangkas bukanlah juga merupakan hasil rekomendasi. 

Memberi fee tambahan itu keluar dari ketulusan hatiku sebagai bentuk rasa terima kasih atas pelayanan yang baik yang mereka berikan kepadaku. Dan ternyata, bukan hanya saya yang memberikan fee tambahan kepada mereka, para saudara sekomunitas juga memberikannya. 

Hal itu saya ketahui setelah memberikan tanggapan atas hasil pelayanan dari tukang pangkas yang mereka rekomendasikan kepada saya. Dan sejak itulah, saya selalu memberikan fee tambahan kepada mereka.

Alasan saya memberikan fee tambahan itu ialah, karena mereka memberikan pelayanan yang baik kepada ku. Artinya fee tambahan itu adalah ungkapan syukur yang lebih atas pelayanan mereka tersebut.

Alasan kedua ialah, karena biaya pangkas yang mereka patok terbilang bersahabat, jika dibandingkan dengan harga dari tukang pangkas lainnya. Karena itu, fee tambahan yang saya berikan adakalanya untuk menyamakan biaya pangkas di tempat lain yang sedikit lebih besar dari biaya pangkas yang mereka patok.

Itulah alasan saya untuk selalu memberikan fee tambahan kepada mereka setiap kali mereka selesai memangkas rambut saya. Dari apa yang saya lakukan itu untuk mereka, saya mendapatkan buahnya yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan