Mohon tunggu...
Dedi Iswanto T
Dedi Iswanto T Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pecinta seni

Kecintaannya kepada seni membawanya menjadi seorang desain grafis dan mencoba b Untuk belajar menjadi seorang penulis, baginya sebuah kebahagiaan tersendiri ketika seni yang dia buat dan tulisan yang dia tulis bisa bermanfaat mendapatkan apresiasi dari orang lain

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Wujudkan Keamanan Lingkungan Warga Kotabaru Membentuk Team Kamtibmas

14 September 2022   07:50 Diperbarui: 14 September 2022   08:02 127 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi logo/dokpri

Logo/dokpri
Logo/dokpri

Maraknya kejahatan jalanan, seperti geng motor, tawuran, begal dan kejahatan jalanan lain yang menggangu ketertiban umum, membuat sejumlah warga di wilayah Kotabaru, Karawang berinisiatif membentuk sebuah tim pada April 2022 lalu, yang mereka beri nama Team Udag. 

Dimana tim ini berperan membantu Kepolisian dalam mengamankan wilayah dari gangguan ketertiban umum terutama pada malam hari. 

"Alhamdulillah nama Tim udag  inilah yang pertama terbersit di kalangan masyarakat wilayah kotabaru, jatisari, Cikampek dan sekitarnya, ketika jelang malam untuk bisa menjaga kondisifitas lingkungan selain dari jajaran kepolisian". Lanjutnya

Menurut Sobrot selaku Ketua Tim, "Tim dibentuk berawal dari keresahan warga yang sangat terganggu oleh ulah para geng motor yang sering melakukan tindak kriminal di wilayah kami, sehingga mengganggu kenyamanan warga terutama yang beraktifitas dimalam hari, maka kami bertiga kakak saya H. tata Sumarna, Iptu Dadang Romansyah dan saya pribadi Sobrot berinisiatif membentuk tim udag ini. Team sendiri dibantu dalam pembinaan awalnya oleh Polsek Kotabaru hingga sekarang, dan kami team juga dibantu oleh polsek jatisari",Ujarnya

Sementara Sobrot melanjutkan bahwa anggota tim sendiri terdiri dari warga masyarakat dari berbagai kalangan, dengan sukarela membantu meringankan tugas kepolisian dalam menjaga kamtibmas di wilayah tersebut.
"Meski instansi kepolisian saat ini sedang tercoreng oleh oknum tertentu, dan banyak pemikiran atau konotasi negatif kepada kami karena  berusaha membuat aman wilayah dimana kami tinggal dengan membantu pihak kepolisian, tapi tidak menyurutkan kami untuk selalu membuat aman, damai dan nyaman di wilayah dimana kami tinggal. 

Karena keamanan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pihak kepolisian, namun kami sebagai warga negara pun ikut andil didalamnya",lanjut sobrot selaku ketua dari team udag sekaligus Ketua padepokan Sunda buhun. 

Kinerja tim ini tidak diragukan lagi, karena setiap anggota dari tim ini akan bahu membahu menjaga setiap titik rawan tindak kejahatan di wilayah tersebut. 

 "Kepada Bapak kapolsek ataupun Kapolres kami mohon tambahan sarana dan prasana agar lebih memaksimalkan kinerja kami, ujar salah satu anggota yang memang selalu aktif dan ikut berperan serta membantu team.
(Humas team udag)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan