Mohon tunggu...
Dedeh Kurniasih
Dedeh Kurniasih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19

7 Juli 2021   21:00 Diperbarui: 7 Juli 2021   21:09 171 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pandemi covid 19 yang terjadi di seluruh dunia membuat masyarakat khawatir banyak sekali dampak yang terjadi salah satunya adalah perubahan sistem cara bekerja juga belajar yang dilakukan dari rumah.

Adanya pandemic covid 19 ini telah membawa banyak perubahan tidak hanya dalam bidang kesehatan saja titik namun juga pendidikan ekonomi dan seluruh aspek kehidupan lainnya mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Hal ini mengakibatkan anak-anak Didik melakukan aktivitas belajar mengajar nya di rumah dilarang melakukan aktivitas diluar berkerumun dan sebagainya. Tidak hanya itu saja seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa semua karyawan perusahaan pun melakukan aktifitas kantor nya dari rumah.

Penurunan tingkat produktivitas baik belajar maupun bekerja dari rumah terus meningkat dari waktu ke waktu, hal ini bisa disebabkan karena kelelahan pada diri kita akibat karantina yang sudah terlalu lama ini atau bisa juga karena sudah terlalu bosan, tidak bisa berhubungan dengan teman-teman yang biasanya pada usia-usia seperti mahasiswa, SMA atau ma anak-anak membutuhkan orang lain untuk berkomunikasi, bergaul, bermain. Dengan hanya diam di rumah terus menerus kesempatan untuk mengobrol bermain dan berkomunikasi menjadi semakin berkurang, walaupun  zaman sekarang ini perkembangan media IT sudah sangat luar biasa, namun nampaknya tidak cukup memuaskan.

Karyawan salah satu pekerja yang terdampak pandemi covid 19. Pada masa pandemi seperti ini karyawan dituntut untuk harus tetap produktivitas meski bekerja dari rumah. Untuk karyawan yang memang sudah biasa menjalankan kegiatan kantornya dari rumah mungkin akan merasa lebih nyaman dalam bekerja tetapi tidak untuk karyawan yang belum terbiasa bahkan pertama kali terjun "ngantor di rumah".  

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar aktivitas belajar dan bekerja dari rumah kita menjadi nyaman dan menyenangkan, serta dapat meningkatkan produktivitas kita dalam menjalankan pekerjaan. Diantaranya:

1. Yang paling penting dan yang paling utama, tetap mempertahankan dan menjaga religiusitas dengan tetap memelihara kegiatan-kegiatan keagamaan (beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing, berdoa, puji-pujian dan sebagainya.)

2. Menyiapkan fasilitas yang memadai untuk belajar atau bekerja dari rumah. 

Siapkan peralatan atau apapun yang dapat menunjang kamu dalam belajar ataupun bekerja, semuanya harus disediakan dalam rumah jangan sampai ada yang tertinggal. Karena jika ada fasilitas yang kurang kamu akan merasa kesulitan dalam mengerjakannya, sebab ini berbeda kondisinya. Siapkan satu ruangan khusus untuk kamu belajar atau bekerja agar kamu dapat berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas belajar atau menjalankan pekerjaan tersebut. Dan yang paling penting adalah buatlah ruangan kerja kamu senyaman mungkin agar kamu betah.

3. Selingi aktivitas belajar atau bekerja mu dengan aktivitas lain sehingga tidak bosan

Ketika kita sudah merasa bosan atau mengalami bosan, carilah cara atau aktivitas lain untuk menghilangkan rasa bosan kita. Bisa dengan melakukan olahraga bersepeda, yoga, senam, bisa juga ngobrol bareng keluarga terlebih dulu, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x