Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

"Among Us" dan "Werewolf", Mana yang Lebih Bagus?

24 September 2020   19:06 Diperbarui: 24 September 2020   19:08 138 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Among Us" dan "Werewolf", Mana yang Lebih Bagus?
Among Us disebut-sebut permainannya mirip Werewolf. Gambar: diolah dari Wartaekonomi.co.id dan Amazon.com

Pada tulisan sebelumnya*, saya menginterpretasikan keberadaan gim Among Us sebagai miniatur kehidupan sosial di sekitar kita. Hal ini dikarenakan pemikiran saya bahwa dalam kehidupan sehari-hari kurang lebih apa yang kita lakukan seperti itu.

Menariknya, seiring berjalannya waktu dan ditambah ketika saya bertanya-jawab dengan teman yang telah memainkan gim tersebut, pikiran saya kemudian berkelana ke sebuah permainan yang nyaris serupa. Namanya 'Werewolf'.

Pertama kali mendengar dan mengetahui permainan ini adalah ketika saya berkunjung ke Surabaya. Saat itu sedang ada keperluan yang mengharuskan saya dan teman saya ke sana.

Di sana, saya bertemu dengan teman-teman yang kemudian memperkenalkan permainan ini. Permainan ini rupanya juga menjadi ajang menjalin interaksi ketika terdapat agenda besar yang melibatkan perkumpulan mahasiswa se-Indonesia di waktu sebelumnya.

Hal ini terbukti benar. Karena, akibat praktik permainan Werewolf, komunikasi di antara kami di Surabaya langsung menjadi lebih cair. Satu hal yang kemudian menjadi titik awal kesan positif terhadap permainan ini adalah permainan ini dapat dimainkan secara konvensional seperti bermain kartu remi.

Dari sinilah kemudian, saya mencoba membandingkan antara gim Among Us dengan Werewolf.

Jenis Permainan

Seperti yang kita sekarang sudah tahu, Among Us adalah gim yang dimainkan secara daring. Kita harus mengunduh aplikasi gimnya di Playstore/Appstore dan memainkannya seperti gim online kebanyakan, yaitu bisa main bareng (mabar) secara berdekatan atau berjauhan.

Sedangkan Werewolf awalnya diketahui masih dimainkan secara konvensional, alias dapat dimainkan secara tatap muka dan tidak perlu mengunduh aplikasi. Medianya pun sederhana, yaitu kartu.

Bermain Werewolf dengan potongan kertas. Gambar: Dokpri/DeddyHS
Bermain Werewolf dengan potongan kertas. Gambar: Dokpri/DeddyHS
Bermain Werewolf juga bisa dengan kartu remi. Gambar: Dokpri/DeddyHS
Bermain Werewolf juga bisa dengan kartu remi. Gambar: Dokpri/DeddyHS
Bahkan, bisa juga diganti dengan potongan-potongan kertas yang ditulisi nama-nama tokoh yang diperankan. Bedanya, ketika hanya mengandalkan potongan kertas, maka perlu ada pihak yang dapat menjelaskan definisi dan peran tokoh dalam permainan tersebut.

Menariknya, seiring berjalannya waktu, Werewolf juga dapat ditemukan sebagai gim mobile yang sudah tersedia aplikasinya di Playstore. Bahkan, permainan ini dikabarkan juga bisa dimainkan lewat media chat seperti WhatsApp atau Telegram.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x