Mohon tunggu...
Dea Rizqia P S
Dea Rizqia P S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Hari Gini Masih Main Twitter?

6 Mei 2021   13:10 Diperbarui: 6 Mei 2021   13:10 87 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Gini Masih Main Twitter?
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Internet merupakan suatu media yang banyak digunakan oleh banyak orang saat ini. Dengan adanya internet, apapun yang orang tidak ketahui dapat segera dicari tahu hanya dengan sekali klik. Perkembangan teknologi internet ini ibarat membuka alam semesta yang luas dan baru bagi para penggunanya, seperti dimana setiap orang dapat memiliki areanya sendiri-sendiri yang dapat menghubungkannya dengan dunia luar. Internet memberikan kemudahan bagi semua orang dalam melakukan berbagai aktivitas tertentu. Salah satunya adalah sebagai media komunikasi. Internet memudahkan orang-orang untuk saling berkomunikasi meski tidak bertemu secara langsung. Orang-orang tersebut menggunakan media sosial yang terhubung pada internet untuk dapat berkomunikasi satu sama lain.

Media sosial adalah wadah bagi banyak orang agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain tanpa harus bertatap muka langsung. Saat ini media sosial sangatlah ramai dimanfaatkan oleh banyak orang. Adanya media sosial memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berinteraksi dengan banyak sekali orang dari seluruh dunia. Media sosial lebih mengeluarkan sedikit biaya daripada mengunakan telepon. Selain itu, penyebaran informasi dapat berlangsung dengan cepat dengan adanya media sosial. Banyak sekali platform yang digunakan oleh orang-orang di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Linkedn, YouTube dan lain sebagainya. Berbagai platform media sosial tersebut memberikan fasilitas dan kelebihannya masing-masing.

Saya pribadi sangat sering menggunakan media sosial sebagai penunjang komunikasi serta hiburan. Beberapa platform media sosial yang biasanya saya gunakan adalah Twitter, YouTube, WhatsApp, Spotify, Telegram, Weverse, Pinterest, dan Instagram. Untuk platform media sosial yang paling sering saya gunakan adalah Twitter, WhatsApp, Youtube, dan Spotify.

Twitter adalah salah satu media sosial yang paling banyak saya gunakan pada waktu pemakaiannya dalam sehari. Menurut saya Twitter adalah salah satu platform yang sangat seru untuk digunakan karena kita dapat berkomunikasi sekaligus mencari hiburan dalam satu tempat. Selain berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama pengguna dengan memanfaatkan fitur tweet, retweet, like, quote retweet, dan direct message, terdapat beberapa fitur yang sangat mudah dan seru untuk digunakan yaitu fitur baru yang belum lama ini dikeluarkan oleh Twitter yaitu snap story dan Spaces. Snap story sendiri hampir sama dengan snap Instagram dan snap WhatsApp, yaitu kumpulan moment yang berada di atas bar home Twitter. 

Semua pengguna dapat menggunakan fitur tersebut untuk berbagi cerita lewat snap seperti kumpulan foto, video, dan postingan pribadi atau bahkan postingan milik orang lain. Kemudian snap yang telah dibuat dapat dilihat oleh semua followers dari pengguna. Sedangkan fitur lain dari Twitter yang tidak kalah unik adalah Spaces. Spaces merupakan fitur yang mempersilahkan pengguna untuk menjadi host, pembicara, dan pendengar dalam suatu live audio conversation atau konverensi audio secara live. 

Spaces mempersilahkan 10 pengguna dalam satu forum untuk menjadi pembicara dengan satu host yang mengatur jalannya konversensi audio serta mempersilahkan banyak pengguna untuk menjadi pendengar dalam forum tersebut. Saya lebih sering menjadi listener atau pendengar dalam fitur tersebut karena biasanya saya mengikuti forum yang memiliki banyak pembicara dan pendengar sehingga agak sulit meminta host untuk dijadikan speaker atau pembicara. Belum lama ini saya mengikuti salah satu forum Spaces yang dibentuk oleh salah akun Twitter yaitu @Billboard yang membahas tentang finalis BBMAs 2021. Spaces tersebut didengar oleh banyak sekali pengguna Twitter bahkan hampir 300 lebih pengguna. Dapat disimpulkan bahwa fitur Spaces dapat digunakan sebagai forum diskusi terbuka yang dapat diikuti oleh banyak orang.

Masih pada Twitter, selain fitur-fitur yang disediakan oleh Twitter seperti yang sudah dijelaskan diatas, pengguna Twitter Indonesia sendiri memiliki suatu keunikan dalam memanfaatkan platform media sosial ini. Dahulu, terdapat salah satu pengguna Twitter dari Indonesia yang menciptakan satu akun yang terhubung langsung dengan suatu sistem sehingga menjadikan akun Twitter tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mengirim pesan anonim melalui DM atau Direct Message ke akun tersebut dan otomatis akan tersampaikan melalui tweet pada akun tersebut sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima oleh publik secara anonim. Akun Twitter yang memiliki sistem khusus tersebut dinamakan sebagai akun Base Menfess. 

Kabarnya, akun base menfess hanya ada di Indonesia sehingga kebanyakan yang menggunakan fitur serta pemilik dari akun tersebut adalah pengguna dari wilayah Indonesia. Pesan anonim yang dikirimkan melalui akun yang mempunyai sistem khusus tersebut memiliki suatu istilah yaitu Menfess. Untuk mengirimkan menfess melalui akun base menfess, suatu pengguna diharuskan untuk mendapatkan follow back dari base yang dituju sehingga dapat mengirim pesan melalui DM. 

Biasanya akun base mempunyai beberapa aturan dalam pengiriman menfess, yang paling umum adalah terdapat aturan dalam kata khusus yang dijadikan sebagai trigger atau patokan agar pesan anonim yang dikirimkan melalui DM dapat di salurkan dengan baik melalui tweet dari akun base dan dapat dilihat secara umum. Contohnya adalah misal terdapat satu akun base menfess yang mewajibkan sender atau pengirim pesan anonim untuk menyertakan -myg dalam pesan DM agar pesan dapat di-tweet ulang oleh sistem secara otomatis. 

Jadi, apabila saya mengirim pesan DM kepada akun base menfess berupa “-myg selamat pagi, semoga selalu bahagia kalian semua!”, maka sistem pada akun base akan memposting tweet yang sama dengan pesan DM yang saya kirimkan secara anonim. Saat ini sudah banyak jenis base menfess yang ada di kalangan pengguna Twitter Indonesia. 

Akun base menfess dibentuk berdasarkan berbagai hal yang disukai ataupun digemari sehingga membentuk suatu komunitas yang berkumpul menjadi satu sebagai followers akun tersebut yang memiliki satu kesamaan yang sama. Contohnya adalah terdapat base menfess khusus mahasiswa dan pelajar, penggemar hewan, penggemar K-Pop, penggemar series film, dan lain-lain. Dengan adanya akun base tersebut, seseorang yang mempunyai kesukaan terhadap sesuatu dapat tercurahkan isi hatinya walaupun secara anonim bahkan dapat mencari teman yang memiliki kesukaan atau hobi yang sama. Saya sendiri telah mengikuti banyak akun base menfess dan telah difollow back oleh beberapa akun base seperti @/collegemenfess, @/ibighitfess, @/indomyfess, @/aotfess, dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN