Mohon tunggu...
hidayatullah
hidayatullah Mohon Tunggu... penulis

kamu pasti bisa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Keberagaman yang Menumbuhkan Rasa Cinta pada Bangsa

13 Juli 2020   23:19 Diperbarui: 13 Juli 2020   23:11 10 1 0 Mohon Tunggu...

Identitastas bangsa dan cinta bangsa

    kita sebagai warga Indonesia seharusnya bersyukur kita lahir di bumi dengan segala kelebihannya yakni negara Indonesia. banyak sekali keragaman budaya yang sering disalahartikan sebagai pembeda atau pemecah belah dalam berbangsa, padahal itu adalah identitas bangsa yang harusnya kita cintai bukan malah Kita muslim Karena tanpa perbedaan tak ada Indonesia.

    budaya khas suku bangsa kebudayaan agama dan bahasa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. meskipun memiliki keragaman budaya Indonesia akan tetap satu bahkan keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia.

  

   ada sebagian yang Salah mengartikan bahwa perbedaan dapat memecah-belah kehidupan berbangsa dan bernegara padahal itu adalah identitas bangsa yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia mestinya dengan adanya perbedaan dapat menumbuhkan rasa cinta kita Pada bangsa indonesia.

   identitas bangsa nasional merupakan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam suatu bangsa dan menjadi ciri khas bangsa tersebut sehingga dapat menjadi pembeda dengan bangsa lain. ada hal positif yang bisa kita tahu dari identitas bangsa yaitu sebagai pemersatu bangsa kita tahu bahwa Indonesia punya banyak macam suku,agama, dan kebudayaan serta bahasa karena identitas bisa kita gunakan sebagai alat mempersatukan keberagaman Indonesia tersebut. yang kedua Sebagai pembeda dengan bangsa yang lain karena identitas merupakan ciri ciri khas suatu negara karena dengan identitas nasional bisa membuat suatu negara jadi lebih menonjol daripada negara lainnya Hal ini yang membuat kita sebagai mahasiswa harus bagi rakyat Indonesia sebagai warga Indonesia bangga dengan identitas atau kebudayaan yang negara Indonesia punya namun akhir-akhir ini ada sebagian yang berbeda pendapat dalam konteks agama yaitu dengan mudah mengkafirkan berikan atom menjelek-jelekkan yang paling parahnya lagi ada sebagian golongan yang ingin merubah negara Indonesia dengan negara Khilafah.

    kita sebagai warga negara Indonesia Marilah mempererat kesatuan bangsa dan negara gaman budaya suku bahasa dan lain-lain Anggaplah itu sebagai sarana pemersatu bangsa Karena dengan keberagaman Indonesia kita dapat menemukan  Indonesia.

   Apakah kita tidak cinta dengan Indonesia negara yang punya keberagaman yang seharusnya kita bangga dan cinta pada tanah air kita kita sebagai rakyat Indonesia harus menumbuhkan rasa cinta untuk menjaga bangsa ini bangsa Indonesia dari segala ancaman dari pihak manapun kita sebagai penerus pahlawan yang dulu berjuang demi kemerdekaan Indonesia. seharusnya memperjuangkan terus bukan lagi berperang, tapi belajar agar kita punya generasi muda yang cerdas dalam memperjuangkan bangsa Indonesia sebagai wujud rasa cinta sudah semestinya kita melestarikan dan mengembangkan budaya lokal kita.

    kadang kita punya cara berbeda dalam mewujudkan rasa cinta kita kepada tanah air dan peta wilayah beda juga merayakan, seperti hanya di desa sayap yang aku kira mereka pada lupa tentang HUT RI tetapi puluhan bendera merah pUtih dipasang di halaman rumah. tanya itu acara luhur yaitu panjat pinang masih dipegang untuk merayakan HUT RI yaitu 17 agustus-an sebagai simbol bahwa kita punya cara yang berbeda dalam mewujudkan rasa cinta kita kepada tanah air.

   carilah kebudayaan-kebudayaan asing yang masuk ke tanah air kita tanamkan sikap kebersamaan terhadap segala perbedaan yang ada kita tahu betapa beratnya memperjuangkan tanah air kita hingga menumpahkan darah dalam pertempuran maka dari itu marilah kita semua kan bukan sikap rasa cinta kepada tanah air terhadap bangsa kita ini mulai dari detik ini Kalau bukan kita yang memperkokoh kali ini siapa lagi.

VIDEO PILIHAN