Mohon tunggu...
David Maulana
David Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mahasiswa UM Ciptakan Platform Pemetaan Wilayah Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Malang

24 Agustus 2021   07:20 Diperbarui: 31 Agustus 2021   23:25 140 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa UM Ciptakan Platform Pemetaan Wilayah Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Malang
Ptototype Website Petamu.id - Dok. Pribadi

Setiap desa pasti memiliki potensi yang tersembunyi dan dapat digali untuk kemajuan wilayah desa itu sendiri. Namun, desa juga tidak menyadari potensi yang ada pada wilayahnya sehingga belum tergali secara optimal (Amaru et.al, 2013). Potensi suatu desa dapat dilihat dalam bentuk spasial yakni lewat penggunaan peta tematik. 

Pengunaan peta tematik untuk menggali potensi desa saat ini belum maksimal karena beberapa faktor seperti rendahnya sumberdaya manusia desa dalam mengoperasikan teknologi GIS (Geography Information System) (Bramasta dan Nirwansyah, 2018). 

Contoh Output dari Petamu.id - Dok. Pribadi
Contoh Output dari Petamu.id - Dok. Pribadi

Melihat kondisi tersebut, maka diperlukan wadah bagi pemerintah desa yang ingin membuat peta tematik untuk kebutuhan perencanaan pembangunan berbasis potensi desa. 

Wadah tersebut adalah jasa konsultan pemetaan GIS. Namun, sejauh ini jasa konsultan pemetaan GIS konvensional masih memiliki beberapa keterbatasan. 

Mulai dari lokasinya yang relatif berpusat di daerah perkotaan hingga biayanya yang terbilang mahal. Oleh karena itu, kelompok mahasiswa UM yang tergabung dalam sebuah Tim PKM K UM mengusulkan inovasi berupa pembuatan platform penyedia jasa pemetaan wilayah yang diberi nama "Petamu.id".

Platform "Petamu.id" ini memiliki keunggulan yang berbeda dengan konsultan pemetaan konvensional lainnya, antara lain (1) jasa konsultan pemetaan khusus desa berbasis aplikasi website pertama di Indonesia, (2) tarif pemetaan yang terjangkau yakni Rp1.000.000,00/peta, (3) tim konsultan yang handal dan kompeten di bidang geospasial, (4) website mudah diakses berbagai perangkat gawai/komputer oleh klien sehingga efektif, efisien dan fleksibel, dan (5) tim konsultan Petamu.id memberikan pemaparan kebijakan pembangunan kepada desa.

Penyerahan contoh ouput Petamu.id - Dok. Pribadi
Penyerahan contoh ouput Petamu.id - Dok. Pribadi

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan dapat memudahkan Pemerintah Desa utamanya yang ada di Kabupaten Malang dalam memetakan potensi wilayahnya yang mana hasil dari pemetaan tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan percepatan pembangunan desa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan